PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR

Masringgit Marwiyah Nst

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari hari. Pemecahan masalah diperlukan agar siswa dapat menyelesaikan problematika kehidupannya dalam arti yang luas maupun sempit.  Memecahkan masalah merupakan suatu proses menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya kedalam situasi baru yang belum dikenal. Siswa perlu mampu memecahkan masalah matematika, agar nantinya mereka mampu berpikir sistematis, logis dan kritis, serta gigih memecahkan masalah dalam kehidupan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa yang mempermudah siswa dalam memahami konsep tentang materi suhu dan kalor, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini dilakukan di SMP. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan guru sebagai validator. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa berbasis Pemecahan Masalah. Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validitas, angket uji praktikalitas dan posttest. Lembar uji validitas bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan posttest untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asnawir, dan M. Basirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Deliya Citra Utama.

Dwijowati Asih Saputri, Selfi Febriani. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MIA SMAN 6 Bandar Lampung.” Tadris Biologi 08 no 01, no. 2086–5945.

Indrawati. 1999. Keterampilan Proses Sains (Tinjauan Kritis Dari Teori Ke Praktis). Bandung: P3GIPA Depdibkud.

Lismawati. 2010. Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Miftah Huda. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalim Purwanto. 1992. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: RosdaKarya.

Riduwan. 2009. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i1.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.