PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA KELAS XI MIPA 5 MAN 3 MEDAN

Wahyu Wahyu, Mohammad Al Farabi, Alfin Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), yaitu penelitian yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus  terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 MAN 3 Medan yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, yakni siklus I satu dan siklus II masing-masing 1 kali pertemuan dan pada setiap siklusnya menggunakan  alokasi waktu selama 45 menit. Angket kepercayan diri disebar kepada subjek penelitian yang berjumlah 32 orang siswa. Kemudian, dari hasil angket tersebut diambil 8 orang siswa dengan nilai angket yang beragam/heterogen untuk nantinya akan mengikuti pelaksanaan layanan konseling kelompok. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa sebelum diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk, kepercayaan diri siswa masih dalam kategori rendah. Setelah diberi layanan konseling kelompok pada siklus I masih belum terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa, sehingga dilanjutkan pada siklus yang kedua. Kemudian, setelah diberikan layanan pada siklus yang kedua, siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahmat Fatoni 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi Jakarta: Rineka Cipta.

Abu Al-Ghifari 2003. Percaya Diri Sepanjang Hari. Bandung: Mujahid.

Ade Harahap 2021. Prosedur Kelompok dalam Konseling. Yogyakarta: CV Diandra Priamamitra Media.

Aip Badrujaman dan Dede Rahmat Hidayat. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Ayu, Wahyudi 2020. Layanan Konseling Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik. Indonesian Journal of Counseling and Education, Vol.1, No.1.

Eford, B. T. 2016. Teknik yang harus diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Intan 2015. Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif Volume 5 No. 3 ISSN: 2088-351.

Mansur Muslich 2011. Melaksanakan PTK itu mudah Classroom Action Research: Pedoman Praktis bagi Guru Profesional, Jakarta: PT Bumi Aksara, hlm. 8.

Nana Sudjana 1989. Penelitian dan Penilaian. Bandung: Sinar Baru.

Nasrina, Slamet 2016. Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1.

Nusa Putra 2012. Metode penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta PT Rajawali Pers.

Prayitno 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rifda, Ica. 2015. Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Volume 02 No 2, ISSN 2089-9955.

Rita dkk 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rusdy, Fadhli 2018. Statistik Pendidikan. Medan CV Widya 30 Puspita.

Santrock, J.W. 2003. Adolescence: Perkembangan remaja. Erlangga.

Siti Madina, Dkk. 2016. Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Percaya Diri dalam Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Palu. eJournal konseling dan Psikoedukasi, Volume. 1, No. 2.

Sugiono 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta. Hlm 5.

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta, hlm 134

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tohirin 2007. Bimbingan dan Konseling di Madrasah Berbasis Integrasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Imam Tadjri. 2014. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: CV Swadaya Manunggal.

Uray Herlina 2015. Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok. Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 2, No. 1.

Wagimin, dkk. 2019 Efektivitas Teknik Self-Talk untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri dalam Belajar Siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, Vol. 3 No. 2.

William, J 2011. Dahsyatnya Terapi Bicara Positif Self Talk Therapy. Yogyakarta: Arta Pustaka.

Winkel 2018. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. GramediaWidia Sarana Indonesia.

Yusuf. A & haslinda. 2019. Implementasi Teknik Self untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Pangkep. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1.

Zulfriadi & Sinta 2017. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol. 2, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i1.3370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.