PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII MTS AL-MANAAR PULU RAJA

Novita Anggriani, Deliati Deliati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan konseling individual dengan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII Mts Al-Manaar Pulu Raja tahun pembelajaran 2022/2023. Subjek didalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Al-Manaar Pulu Raja yang berjumlah 4 orang dan mengalami masalah yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Penerapan layanan konseling individual dengan self instruction pada siswa kelas VII Mts Al-Manaar Pulu Raja ternyata berhasil secara efektif naik secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan pada diri siswa dalam kondisi kepercayaan diri siswa.


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar. 2010. Konseling Individu dan Kelompok. Bandung: Cita Pustaka

Angelis,. 2003. Confidance (percaya diri). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Erwin. http:/wawasanbk.blogspot.com/2012/10/penggunaan-teknik-self-instructi-on.html. 11-mei-2019

Fiorentika, at al. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction. 104 | Jurnal Kajian Bimbingan Dan, 1(3), 104–111.

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara

Haolah, S., Atus, A., & Irmayanti, R. (2018). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Pelaksanaan Konseling Individual. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(6), 215. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.2962

Hartono. 2012. Bimbingan Konseling dan Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal. Yogyakarta : Andi Offset

Hedramo dkk. 2003. Bimbingan & Konseling. Semarang: Swadaya Manunggal

Hellen. 2005. Paduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Araska

Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Bk Unesa, 5(1), 8.

Ningtiyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayuningdyah, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal JIPE, 1(2), 1–14.

Ramadhany, N. (2022). pelaksanaan layanan konseling individual dengan role model terhadap peningkatan kecerdasan moral siswa kelas vii mtss pesantren khairul mukminin air joman tahun pelajaran 2021/2022 (Vol. 33, Issue 1).

Rinaldi, A. (2019). Pelaksanaan Teknik Self Instruction Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.A 2018/2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta: Gramedia

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Tiro, Y. (2019). meningkatkan kepercayaan diri dengan menggunakan pendekatan rational-emotive behavior therapy (rebt) melalui layanan konseling individual pada siswa kelas x smk bm budisatrya medan tahun ajaran 2018/2019.

Wahid Suharman. 2010. Konsep Dasar Konseling Perorangan. (http://konselor Indonesia. Blogspot.com/2010/11)

Wahid, S., & Marianti, L. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Berbasis Islam Untuk Mereduksi Perilaku Mistik Remaja Kecanduan Togel. Journal of Society Counseling, 1(1), 36-44

Zultoni, J., & Astuti, F. H. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Individu Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI di SMAN 2 Pringgarata. Jurnal Pedadogy, 3(1), 45–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i1.3355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.