IMPLIKASI SKAKK (STANDART KUALIFIKASI AKADEMIK KOMPETENSI KONSELOR) DENGAN MULTIDISIPLINER TERHADAP KUALITAS PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP PAB 10 MEDAN ESTATE

Selsa Ivana, Gusman Lesmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Iplikasi SKAKK (standart kualifikasi akademik kompetensi konselor) dengan multidisipliner terhadap kualitas pengembangan kerakteristik siswa kelas VIII SMP PAB 10 Medan Estate T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu One grup desing. Dengan jumlah sampel 30 orang siswa, sedangkan untuk menentukan jumlah sampel penelitian menggunakan purposive sampling 30 siswa pada kelas VIII. Dalam penelitian ini menggunakan intrumen penelitian yang berjumlah 26 item pernyataan. Untuk menguji penelitian menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis secara statistik dan sudah dipaparkan serta diuji hipotesisnya, maka efektivitas SKAKK (Standart Kualifikasi Akademik Kompetensi Konselor) dengan Multidisipliner dengan pendekatan teknik SKAKK (Standart Kualifikasi Akademik Kompetensi Konselor) dengan Multidisipliner untuk meningkatkan kualitas pengembangan karakter siswa SMP PAB 10 Medan Estate.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. In Zahir Publishing.

KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. PT. Rajagrafindo Persada.

Moleong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Raka, G. (2016). Pendidikan Karakter Di Sekolah. Gramedia.

Sagala, R. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT. Rajagrafindo Persada.

Samani,H.(2018).Konsep dan Model:Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya,W.(2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta.

Suhartono, S. (2018). Filsafat Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Sumanto. (2018). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Andi Offset.

Suyanto. (2017). Metode Penelitian Sosial. Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. (2019). Model Pembelajaran. Sinar Grafindo Offset.

Zukhufarisma. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan oleh Kepala Sekolah terhadap Guru. Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i2.3258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.