PENGARUH TEKNIK MODELING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CITRA DIRI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 16 LUBUK PAKAM
Abstract
Permasalahan terkait citra diri sering terjadi di kalangan remaja yaitu tingkat pendidikan SMP. Siswa pada tahap remaja pada permasalahan Citra diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan citra diri siswa di SMP Muhammadiyah 16 lubuk pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen yaitu one group pretest dan posttest design melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 63 siswa SMP Muhammadiyah 16 lubuk pakam, dan sampel berjumlah 10 siswa yang berada pada kelas VII ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra diri siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) cenderung rendah dengan skor rata-rata 33,75. Setelah diberikan perlakuan (post-test) citra diri siswa cenderung meningkat dengan skor rata-rata 80,75 dari hasil perhitungan melalui bantuan SPSS versi 26. Terdapat kriteria tolak Ho dan terima Ha apabila probabilitas (sig. 2 tailed) < α, (α = 0,05), hasil menunjukkan angka probabilitas (sig-2 tailed) siswa sebesar (0,000) atau probabilitas dibawah alpha 0,05 (0,000 < 0.05), Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dengan kata lain layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling berpengaruh untuk meningkatkan citra diri siswa.
Full Text:
PDFReferences
Amma, D. S. R., Widiani, E., & Trishinta, S. M. (2017). Hubungan citra diri dengan tingkat kepercayaan diri remaja di SMKN 11 Malang kelas XI. Nursing News, 2(3), 534–543.
Andarwati, L. (2016). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas Xi Sma N 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1, 1–12.
Dian Bowo Saputro, Awik Hidayati, M. A. M. (2020). Peran Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap SIkap Sopan Santun. Jurnal Advice, 2(2), 132–145.
Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167.
Ferdiansa, G., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847–853.
Foland, J, L. (2009). Body image and body evaluation in famela percipantsof an outdoor education progpram. University of New York Collage.
Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Hasim, R. M., Annisa, D. F., & Parongpong, S. (2022). Journal of educational psychology. 1.
Hidayat, R., Malfasari, E., & Herniyanti, R. (2019). Hubungan Perlakuan Body Shaming Dengan Citra Diri Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 79.
Jannah, M. (2017). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), 243–256.
Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.
Lilliek Suryani. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 114.
Mahmud, A., & Sunarty, K. (2012). Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan Dan Konseling. In Badan Penerbit UMN.
Pratiwi, A. (2017). Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Smp Negeri 2 Minasatene. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 55–64.
Putri, N. S. R., & Farida, F. (2018). Pembentukan Citra Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo Surabaya dalam Instagram. Jurnal Kajian Media, 2(2), 120–130.
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pada Remaja Akhir. Jurnal Spirits, 4(2), 22.
Raman, R., Lewier, M., & Rutumalessy, M. (2019). Citra Perempuan Dalam Buku Kumpulan Cerpen Sepotong Hati Yang Baru Karya Tere Liye (Kajian Feminisme). ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 95–108.
Said, M., Marlina, M., & Tasdiq, T. (2021). Pengaruh Budaya Akademik Sekolah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik SMK PGRI 2 Belitang III. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6.
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17.
Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandun: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya.
Yuniarwati, C. T. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas Xi Aph 1 Smk N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 5(No. 1), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i2.3255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.