PENINGKATAN LITERASI DATA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, TEKNOLOGI, REKAYASA DAN MATEMATIKA (STEM)

Ari Satriana

Abstract


Rendahnya literasi data peserta didik pada pelajaran Fisika yang integrasinya diharapkan menjadi pondasi dalam membangun bangsa menyongsong era revolusi industri 4.0 menjadikan peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan tindakan, penerapan tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan dua siklus. Siklus pertama sebagai implementasi tindakan dan siklus kedua sebagai perbaikan.  Pengumpulan data dengan metode teknik tes, observasi, angket, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai literasi data siklus I menghasilkan rerata 24,65 %. Kemudian siklus 2 terjadi peningkatan 70,41% sehingga menghasilkan rerata 80,86 %.  2) Hasil rerata penilaian diri terhadap minat pembelajaran STEM dengan model discovery learning melalui rancangan teknologi sederhana  sangat baik sebesar 90,63%.

Kata kunci: Literasi Data, Discovery Learning, STEM

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52.

Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.

Becker, K., & Park, K. 2011. Effects of integrative approaches among ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa dan matematika (STEM) subjects on students learning: A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 12(5/6), 23

Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education challenges and opportunities.

Washington, DC: National STEM Teachers Asociation.

Calzada Prado J and Marzal MA (2013) Incorporating data literacy into information literacy programs: Core competencies and contents. Libri 63(2): 123–134.

Erwin Jr, R. W. (2015). Data Literacy: Real-World Learning Through Problem-Solving With Data Sets. American Secondary Education, 43(2), 18–26. http://eresources.perpusnas.go.id:2367/eds/detail/detail?vid=0&sid=9c53e5dc-5568-480f-8f02- 3ff86a6f4cd7@sdc-v-sessmgr02&bdata=JnNpdGU9ZWRzLWxpdmU=#AN=103298736&db=ehh

Firman, H. (2015). Pendidikan sains berbasis STEM: Konsep, pengembangan, dan peranan riset pascasarjana. Ini Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PLKH Universitas Pakuan, Agustus.

Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Gibson, J. P., & Mourad, T. (2018). The growing importance of data literacy in life science education. American journal of botany, 105(12), 1953-1956.

Hapizoh, H. (2019, July). Penerapan Discovery Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 26 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA, SMK/MAK Matematika. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Kristiawan. (2018). Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Print

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena

Kusnandi, K. (2017). Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare To Be Different”. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132-144.

Marx, V. 2013. Biology: the big challenges of big data. Nature 498: 255–260 Meltzer, D. E., 2002, “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gain in physics: a possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores,” Am. J. Phys., 70 (12), 1260.

Milaturrahmah, N., Mardiyana, & Pramudya, I. (2017, August). Science, technology, engineering, mathematics (STEM) as mathematics learning approach in 21st century. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 050024). AIP Publishing LLC.

Muryati. (4 November 2018). Implementasi Pembelajaran STEM. Jateng Pos. Diakses pada 17 September 2019, dari https://jatengpos.co.id/implementasi- pembelajaran-stem/

Naraian, S., & Surabian, M. (2014). New literacy studies: An alternative frame for preparing teachers to use assistive technology. Teacher Education and Special Education, 37(4), http://doi.org/330-346. 10.1177/0888406414538843

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216-231. http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Pusat Penilaian Pendidikan (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada15 Mei 2020, dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!sma!daya_serap!04&99& 999!a&04&T&T&1&!2!&

Qin, J., & D'Ignazio, J. (2010). Lessons learned from a two-year experience in science data literacy education.

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

(Doctoral dissertation, Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu).

Saputro, H. (2016). Inspirasi Fisika Misteri sebagai Problem Solving Pembelajaran Sains dalam Menyongsong MEA. Science Tech: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2(2), 6-10.

Septiyani, N. N. R. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Skill Argumentasi pada Siswa SMA

Shindharatna, S. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics pada Sub Materi Suhu Kelas XI SMA. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., & Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67-73.

Tim Pengembang Kurikulum. (2020). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MAN 1 Yogyakarta Tahun 2020

Y. Yanuar, Miniatur Rumah Hemat Energi. Seameo Qitep In Science, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.