PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PARENTING DI TK RA AL-QURAN MESJID RAYA GUNUNG TUA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan agama Islam dalam kegiatan parenting. Riset pengembangan atau Research and Development (RnD) digunakan sebagai jenis metodologis pengembangan produk pendidikan, yaitu jenis riset yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk atau menguji efektivitas suatu produk. Adapun fokus penelitian ini yaitu tentang pelaksanaan, langkah-langkah pengembangan model pendidikan, pelaksanaan parenting, tanggapan peserta terhadap model pendidikan, dan hasil evaluasi kegiatan parenting terhadap anak usia dini (4-5 tahun) di TK RA Al-Quran Mesjid Raya Gunung Tua. Hasil penelitian ini berupa buku panduan (modul) tentang model pendidikan akidah pada anak yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang memberikan efek nyata dalam kegiatan parenting.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kegiatan Parenting, Model Pendidikan, Modul, Pendidikan Agama Islam.
Full Text:
PDFReferences
Al-Maghribi, A. 2019. Begini Seharusnya Mendidik Anak. Jakarta: Darul Haq.
Amalia, Z. 2019. Pelaksanaan Program Parenting di PAUD Mutiara Hati Desa Kaligondang Kecamatan Kaligondang Purbalingga. Skripsi, IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5754/.
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ariyanti, N.S., Mustiningsih, M., & Arifin, I. 2019. The Principals Conflict Management Strategy Through Increased Community Participation in the Era of Industrial Revolution 4.0. 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 382(1), 30-32. https://www.atlantis-press.com/article/125926443.pdf.
Arizal, A.S., Fatkhia, A.R., Humairah, C.Z.L., Sugianto, A., Umar, M.A., & Yulia, I. 2019. Pendidikan Akidah Akhlak dengan Metode Brain Based Learning. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 61-74. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/767.
Aryani, N. 2015. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213-227. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187.
Assingkily, M.S., & Hardiyati, M. 2019. Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19-31. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210.
Assingkily, M.S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Azhari, R., Irmawita, I., & Aini, W. 2018. Menggambarkan Manfaat Program Parenting Menurut Orang Tua di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 91-98. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/9195.
Departemen Agama RI. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.
Fahruddin, F., & Astini, B.N. 2018. Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). http://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/206.
Ganevi, N. 2013. Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orangtua dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak (Studi Deskriptif di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Ikhlas Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5425.
Hairina, Y. 2016. Prophetic Parenting Sebagai Model Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter (Akhlak) Anak. Jurnal Studi Insania, 4(1), 79-94. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/insania/article/view/1115.
Hidayati, L. 2019. Upaya Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Peserta Didik pada Satuan PAUD Melalui Program Parenting. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia (Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 104-115.
Lestari, N.G.A.M.Y. 2019. Program Parenting untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8-17. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1064.
Mauanah, S., & Suprijono, A. 2016. Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga. Paradigma, 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/230701452.pdf.
Monikasari, C. 2013. Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orangtua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Diklus, 17(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2896.
Musyfira, M. 2021. Pendidikan Akidah pada Santri Kuttab Al-Firdaus Kota Lhokseumawe. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 64-76. https://jim.ar-raniry.ac.id/index.php/tadabbur/article/view/149.
Nasifah, I., & Abdillah, I. 2021. Konsep dan Implementasi Pendidikan Akidah Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Tadabbur Alam (Kajian QS. Al-An’am ayat 74-79). JOEL: Journal of Education and Language Research, 1(3), 209-220. https://www.bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/501.
Nasution, R.A., & Sit., M. 2019. Model Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Nooraeni, R. 2017. Implementasi Program Parenting dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8750.
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. 2017. Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721.
Nurjanah, K. 2017. Pelaksanaan Program Parenting di PAUD Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 40-51. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/23851.
Nurpitasari, D.W., Wahyuni, S., & Widianto, E. 2018. Parenting Day Sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orangtua dan Anak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(1). https://scholar.archive.org/work/ctryno5kazgeniooy322n7oaha/access/wayback/http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/viewFile/3598/2069.
Rahmi, A. 2018. Pendidikan Agama Bagi Anak dalam Keluarga di Gampong Aneuk Galong Baro, Aceh Besar. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 4(1), 129-140. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/880.
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176-186. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3649.
Setijaningsih, T., & Matiningsih, W. 2014. Pengaruh Program Parenting Terhadap Pengetahuan dan Sikap Orang Tua dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ners dan Kebidanan, 1(2), 129-134. http://jnk.phb.ac.id/index.php/jnk/article/view/27.
Shihab, M.Q., et.al. 2008. Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Sholeh, M. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 13(1), 71-83. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2094.
Sit, M., & Nasution, R.A. 2019. Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1111-1125. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1149.
Sugiyono, S. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2005. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susiba, S. 2019. Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 155-168. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/5871.
Syafi’i, A. 2022. Karakteristik Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dini (Ditinjau dalam Perspektif Pendidikan Islam). Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 110-117. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/657.
Syuraini, S., Setiawati, S., & Sunarti, V. 2018. Penyusunan Program Parenting Bagi Pengelola dan Pendidik PAUD di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. Kolokium, 6(2), 112-118. http://kolokium.ppj.unp.ac.id/index.php/kolokium-pls/article/view/13.
Ziyad, M.H.V. 2019. Pendidikan Akidah Bagi Anak dalam Keluarga di Desa Rumak Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Disertasi, UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1365.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v1i2.2207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.