ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMKS MELATI HAMPARAN PERAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor kesulitan belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas X SMKS Melati Hamparan Perak, Sumatera Utara, tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Penelitian dilaksanakan pada semester II (genap) tahun ajaran 2021/2022, per April hingga Mei 2022. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas X SMKS Melati Hamparan Perak yang berjumlah 27 siswa. Adapun objek penelitian yaitu berkaitan dengan faktor-faktor kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dialami oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas X SMKS Melati Hamparan Perak hampir semua memiliki kesulitan dalam proses belajar pendidikan agama Islam, hal ini dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal meliputi minat belajar pendidikan agama Islam, kurangnya konsentrasi belajar siswa ketika guru menyampaikan materi ajar, dan intelegensi (kecakapan siswa dalam menerima pelajaran). Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lulusan sekolah dasar umum dan lingkungan belajar anak di rumah yang kurang mendukung.
Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Pendidikan agama IslamFull Text:
PDFReferences
Ainin, M. (2017). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan agama Islam. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 45(2), 197-207. http://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/1733.
Al Ghozali, M.D.H., & Mathoriyah, L. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam Siswa MAN 1 Jombang. Jurnal Education and Development, 8(4), 88. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2090/1089.
Al Irsyadi, F.Y., Priambadha, A.P., & Kurniawan, Y.I. (2020). Game Edukasi Pendidikan agama Islam untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 55-66. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jamika/article/view/2581.
Albantani, A.M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Pendidikan agama Islam dan Kebahasaaraban, 2(2), 178-191. https://www.researchgate.net/profile/Azkia-Albantani/publication/298333967_IMPLEMENTASI_KURIKULUM_2013_PADA_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_DI_MADRASAH_IBTIDAIYAH/links/56ebcd3b08ae2a58dc4a9b36/IMPLEMENTASI-KURIKULUM-2013-PADA-PEMBELAJARAN-BAHASA-ARAB-DI-MADRASAH-IBTIDAIYAH.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail.
Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Pendidikan agama Islam. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 1-12. http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/66.
Ariyanto, A. (2017). Game Edukatif Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam Kelas Rendah. Al-Asasiyya: Journal of Basic Education, 1(2). http://103.79.91.18/index.php/al-asasiyya/article/view/686.
Assingkily, M.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Azzuhri, M. (2009). Pendidikan Berkualitas (Upaya Menuju Perwujudan Civil Society). Forum Tarbiyah, 7(2). http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/258.
Djais, K.M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Hiwar pada Pembelajaran Pendidikan agama Islam di Madrasah Negeri Ternate. Jurnal Dodoto, 18(1), 78-91. http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dodoto/article/view/399.
Efflamengo, L., & Asyrofi, S. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam pada Siswa Tunanetra di MAN 2 Sleman. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/edulab/article/view/2847.
Fahmi, N., & Muta’ali, A. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Pendidikan agama Islam Daring Siswa SMPIT Insantama Bogor. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2028-2039. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/5404.
Fatimah, V.N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Dspace UII Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11931.
Fauzy, A.H., Arief, Z.A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan agama Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112-127. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TAWAZUN/article/view/1843.
Fuadi, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam: Studi di MTsN 1 Bandar Lampung. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 4(2), 161-169. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/760.
Haniah, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mengatasi Masalah Belajar Pendidikan agama Islam. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pendidikan agama Islam IAIN Palangka Raya, 2(1). https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib/article/view/588.
Hidayah, F., & Faishol, R. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan agama Islam Siswa Madrasah Ibtidaiyyah. Studi Arab, 10(1), 39-56. https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/1766.
Hidayat, N.S. (2012). Problematika Pembelajaran Pendidikan agama Islam. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1). https://www.academia.edu/download/56196634/problematika.pdf.
Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2015). Masalah Pengajaran Pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah di Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(3), 189-198. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/145.
Ilhami, Z. (2019). Persepsi Siswa dalam Menggunakan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan agama Islam pada Siswa Kelas Delapan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2018-2019. Maharaat: Jurnal Pendidikan Pendidikan agama Islam, 1(2), 128-148. https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/7273.
Islam, A.M.S. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam Perspektif Siswa Madrasah. Arabiyah: Jurnal Pendidikan Pendidikan agama Islam dan Kebahasaaraban, 2(1), 1-16. https://www.researchgate.net/profile/Asep-Saepul-Islam/publication/283038163_FAKTOR_DEMOTIVASI_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_DALAM_PERSPEKTIF_SISWA_MADRASAH/links/5670bc6708ae2b1f87acf6fd/FAKTOR-DEMOTIVASI-PEMBELAJARAN-BAHASA-ARAB-DALAM-PERSPEKTIF-SISWA-MADRASAH.pdf.
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Pendidikan agama Islam dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Pendidikan agama Islam, 1(2), 139-152. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/ARABIYATUNA/article/view/286.
Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B.M.R. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Pendidikan agama Islam Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151-167. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/6115.
Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/3005.
Kafi, F.A., & Husna, Z.F. (2021). Pendampingan Edukasi Learning-Independence (Belajar Mandiri) pada Pelajar Pendidikan agama Islam. An-Nuqtah, 1(1), 1-6. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/An-Nuqthah/article/view/581.
Lestari, G., Mahbubah, A., & Masykuri, M.F. (2019). Pembelajaran Pendidikan agama Islam Digital dengan Menggunakan Media Padlet di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 4(1), 238-244. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1092.
Machmudah, U., & Rasyidi, A.W. (2008). Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan agama Islam. Repository UIN Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/6636/.
Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Pendidikan agama Islam. An Nabighoh, 20(1), 129-1
Nasrulloh, M.F., Nasoih, A.K., Satiti, W.S., & Afifa, S.K. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Pendidikan agama Islam Melalui Pelatihan dan Permainan Pendidikan agama Islam. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28-35. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040.
Nengrum, T.A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/1190.
Nurhuda, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam pada Santri Nurul Huda Kartasura. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(1), 23-29. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/alfusha/article/view/749.
Pamessangi, A.A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan agama Islam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pendidikan agama Islam IAIN Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 2(1). http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/ibrah/article/view/1206.
Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L.F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. Mediapsi, 5(1), 40-49. https://mediapsi.ub.ac.id/index.php/mediapsi/article/view/159.
Said, S., Fatmawati, F., & Masnan, S. (2021). Analisis Kompetensi Sosial Guru Pendidikan agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pendidikan agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Pendidikan agama Islam, 5(1), 1-17. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/5930.
Sholihah, E. (2016). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Pendidikan agama Islam: Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas VII SMPI Miftahul Iman Bandung. Skripsi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/26262.
Sila, I.M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis SPMI dalam Meningkatkan Pelayanan untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Widya Accarya, 8(2). http://103.207.99.162/index.php/widyaaccarya/article/view/506.
Susanti, S., & Asyrofi, S. (2020). Efektivitas Metode Imla’ Manzur dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pendidikan agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 1(2), 1-22. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/Aphorisme/article/view/439.
Wahdah, Y.A. (2018). Faktor-faktor Kesulitan Siswa dalam Membaca Teks Pendidikan agama Islam. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1), 30-46. https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/article/view/24197.
Wulandari, M. (2019). Problematika Pebelajar Pendidikan agama Islam Anak Usia 7 Sampai 13 Tahun. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan agama Islam, 5(5), 559-567. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/524.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v1i2.2205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.