FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA MIN 1 KOTA MEDAN

Khafsah Situmorang, Riska Alfani, Ropida Batubara, Suci Rahmaida Sihombing, Hasian Rambe

Abstract


Penelitian ini mengungkap atas beberapa Faktor- Faktor Yang dapat Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa, penelitian ini dilakukan di Min 1 Kota Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, dengan  adanya  disiplin dalam belajar merupakan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa memiliki pengaruh terhadap pretsasi belajar, dan mengetahui faktor manakah yang dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua siswa, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dilihat dari tingkat kecerdasan atau intelegensi belajar siswa, yakni rajin dalam belajar, tekun dalam belajar, rajin mengerjakan tugas, memiliki jadwal belajar, disiplin dalam belajar. Masing-masing faktor memiliki kontribusi untuk mempengaruhi prestasi belajar, dimana  untuk Tingkat kecerdasan atau inteligensi siswa tidak dapat diragukan lagi, semangat menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan inteligensi seorang siswa maka semakin besar peluangnya untuk meraih sukses. Sebaliknya, semakin rendah kemampuan seorang siswa makan semakin kecil peluang untuk memperoleh sukses.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Bahri, Syaiful. 2006. Buku Ajar Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Biggers, J. 1980. Body Rhythms, the School Day and Academic Achievement. Journal of experimental Education.49.45-47.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gleitman, Henry. 1989. Psychology. 2nd Edition. New York: W.W Norton & Company.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Memgajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2004. Belajar dan Pembelajaran. IKAPI: University Press.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Anak Super Normal Dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v1i1.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.