Meningkatkan minat baca siswa dengan menggunakan metode read aloud (membaca nyaring) pada pembelajaran tematik berbantuan media cerita bergambar
Abstract
Minat baca siwa di SDN 4 Nalu Tolitoli masih rendah, terlihat dari kurangnya siswa yang aktif membaca buku dan kesulitan mereka dalam memahami teks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode read Aloud dalam pembelajaran tematik, khususnya dengan menggunakan media cerita bergambar, sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatkan minat baca siswa dalam menggunakan metode read aloud (membaca nyaring) pada pembelajaran tematik berbantuan media cerita bergambar di SDN 4 Nalu Tolitoli. Metode jenis dan metode jenis penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yaitu sebuah penelitian yang dilakukan dikelas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpualan data ini yaitu lembar tes, dan lembar observasi dan dokumentasi terhadap kegiatan belajar di dalam kelas. Sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Subjek penelitian pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN 4 Nalu dengan berjumlah sebanyak 23 orang, dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 11 orang siswa dan siswa perempuan berjumlah 12 orang siswa.
Kata kunci: Minat Baca Siswa, Metode Read Aloud, Pembelajaran Tematik, Media cerita bergambar
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arista, S. B. (2019). “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Pada Kelas III Di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).” 8(5): 1–87. http://repository.radenintan.ac.id/7354/1/.
Astuti, Nur Aini Indah. (2020). “Keefektifan Metode Inkuiri Berbantu Media SMART CARD (Kartu Pintar) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas IV SD NEGERI 1 SAMBIYAN Pada Pembelajaran Tematik.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar 12(1): 69–75. file:///C:/Users/User/Downloads/14921-49584-1-PB-3.pdf.
Dyansatithi, Nusareshi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gresik, Muhimmatul Hasanah, Fakultas Psikologi, and Universitas Muhammadiyah Gresik. (2024). “Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Flashcard.” Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi 4(1): 15–24.
Felisiana, Rachel Ria, Raisyah Aulia Nabila, and Sylvia Ramadhan. 2023. “Analisis Kasus Kurikulum 2013 Case Analysis of the 2013 Curricukum.” Berajah Journal 3(2): 417–24. doi:10.47353/bj.v3i2.249.
Fikri, Heru. (2022). “Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu.” Skripsi: 6. http://repository.iainbengkulu.ac.id/8421/%0Ahttp://re
pository.iainbengkulu.ac.id/8421/1/HERU RIFKI.pdf.
Islamiah, Nurul, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Strategi Belajar, Aktif Tipe, Trading Place, and Pembelajaran Tematik. (2024). “Evaluasi Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Trading Place Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 1 Sinjai.” 1(1): 26–32.
Lina, Rahmawati. (2022). “Penerapan Metode Global Berbantu Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siwa Kelas II MIN 2 Pringsewu. Tesis Diploma,UIN Raden Intan Lampung.” Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2: 5-10. http://repository.radenintan.ac.id/22519/#:~:text=http%3A//re
pository.radenintan.ac.id/id/eprint/22519.
Marlena, F. (2019). “Penggunaan Metode SAS (Struktur Analisis Sin FTV FC Etetik) Dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 100 Seluma (Doctoral Dissertation, IAIN BENGKULU).” : 1–82.
Rahmi, Ramadhani;Khaerunnisa;Syamsuryani Eka Putro Atjo. (2020). “Pengaruh Pojok Baca Kelas Terhadap Minat Baca Siswa Di SDN No. 86 Aeng Towa Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.” Pinisi Jurnal PGSD 1(1): 1–12. http://eprints.unm.ac.id/34107
Rohmah, A S. (2024). “Pengaruh Fun Reading Activities Terhadap Minat Baca Siswa Di Sdn Parung 4.” Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/78261%0
Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/78261/1/SP24012.pdf.
Sukriadi, Rehana Emilia Maulida, Muhlis, and Andi Asrafiani Arafah. (2022). “Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 14(2): 83–91. doi:10.47435/al-qalam.v14i2.1330
Utami, Devi Nur. (2020). “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Ba a’Isyiyah Sidoharjo.” Edupedia 4(1): 47. doi:10.24269/ed.v4i1.435
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i1.4276
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.