Penerapan Game Based Learning dengan Media Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Memirsa Teks Deskripsi
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Game Based Learning dengan media Kahoot untuk meningkatkan keterampilan membaca dan memirsa teks deskripsi siswa kelas XI. Penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan penelitian, 3) observasi, dan 4) refleksi yang secara berulang sebanyak 3 siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI-6 SMAN 21 Jakarta yang berjumlah 36 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 70, siklus II yaitu 80, dan siklus III yaitu 88 yang mengalami peningkatan nilai keterampilan membaca dan memirsa teks deskripsi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran ditunjukkan dengan baik karena pemanfaatan teknologi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Game Based Learning dapat meningkatkan keterampilan membaca dan memirsa teks deskripsi siswa kelas XI.
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i1.4265
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.