Peran Cerita Hikayat Hang Tuah Mewujudkan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmad, S. (2008). Edisi Pelajaran Sulalatus Salatin Sejarah Melayu. Malaysia, Dewan Bahasa dan Pustaka.
A. Teeuw, 1983. Membaca dan menilai Sastra. Jakarta: PT Gramedia.
Dewi, Nurfitria, dkk. (2022). “Hikayat Nabi Bercukur: Seni Dalam Budaya Nusantara”. Journal of Islamic Studies, 3(1), 39-47.
Eneng garnika. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Harun Mat Piah et. al., 1993. Traditional Malay literature. Diterjemahkan dari bahasa
Malaysia oleh Harry Aveling, 2002. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Mu’jizah dan Erlis Nurmujingsih. (2023). "Identitas dan Spirit Hidup ke Inspirasi Literasi Budaya: Studi Hikayat Hang Tuah". Aksara. 35(1). 40—52.
Kristanto. (2014). "Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika Untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa". Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1 No.1.
Kassim Ahmad, 1997. Hikayat Hang Tuah. Kuala Lumpur: Yayasan Karyawan dan Dewan Bahasa dan Pustaka.
Kusumasari, Meida, dkk. (2023). "Analisis Nilai-nilai Teks Hikayat Indera Bangsawan dan Pembelajarannya Kelas X". Journal On Teacher Education. Vol, 5 No.1 hal. 455-465.
Liaw Yock Fang, 1975. Sejarah kesusastraan Melayu klasik. Singapura: Perpustakaan Nasional Singapura.
Sumasari, Y. J. (2014). “Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Hikayat Cerita Taifah”. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1).
Sulastin Sutrisno, 2008. Hikayat Hang Tuah analisis struktur dan fungsi. Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu bekerjasama dengan Adicita Karya Nusa.
Umar, A. (2017). Teori dan Genre Sastra Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
V.I. Braginsky. 1998. Yang indah, berfaedah dan kamal sejarah sastra Melayu dalam Abad 7 19. Jakarta: INIS
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i2.4214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.