Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Membantu Siswa Membedakan Teks Deskripsi dan Teks Laporan Hasil Observasi di Kelas VII MTs IRA Medan

Luhlu Zahara, Ewin Sanjaya Gajah, Dwi Setia Ningsih, Tantri Adelia, Annisa Luthfiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam membantu siswa membedakan teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi di kelas VII MTs IRA Medan. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, ditemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam membedakan kedua jenis teks tersebut, terutama dalam memahami struktur dan ciri kebahasaan yang membedakan teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi. Siswa lebih aktif dalam menemukan konsep dan mengidentifikasi perbedaan melalui proses eksplorasi mandiri dengan bimbingan guru. Dengan demikian, model ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan berbagai jenis teks.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Alfitri, Shilfia. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Guepedia, 2020.

_________________. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppip s/article/view/2500/1511

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istarani. (2012). Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: CV. ISCOM Medan.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Khasanah, Nur dkk. Buku Pedoman Model Pembelajaran DBUS. Semarang: UIN Walisongo, 2018.

Kosasih, Engkos. J




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i2.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING