STRATEGI KESANTUNAN POSITIF GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 9 BOARDING SCHOOL TANGGULANGIN

Miftahul Afifur Rohman, Suhartono Suhartono, Diding Wahyudin Roehadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga strategi kesantunan positif guru, yaitu be optimistic, offer,promise, dan intensify interest to H yang digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 9 Boarding School Tanggulangin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data berupa tuturan yang merepresentasikan kesantunan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan memanfaatkan metode Miles & Huberman melalui tiga langkah, yaitu 1) reduksi berperan penyortir dalam memisahkan antara data penting dengan yang tidak; 2) penyajian berwujud pendeskripsian strategi kesantunan positif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan 3) simpulan dan verifikasi. Data yang sudah diketemukan dilakukan pengujian dengan dengan menaikkan ketekunan dan triangulasi. Ketekunan dilakukan dengan mencocokkan antara instrumen dengan hasil penelitian guna menunjang keakuratan dan sistematisasi tuturan sebagai fokus. Perihal triangulasi dilakukan kategorisasi temuan ke dalam tiga bentuk, yaitu be optimistic, offer,promise, dan intensify interest to H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penerapan strategi kesantunan positif guru dengan rincian, yaitu 3 mengandung be optimistic, 5 mengandung offer,promise, dan 3 mengandung intensify interest to H.

Kata kunci:  pragmatik, strategi kesantunan positif, guru


Full Text:

PDF

References


Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some Universals in Language Usage (Studies in Interactional Sociolinguistics 4). Cambridge: Cambridge University Wordpress. https://doi.org/10.2307/3587263

Diestoni, E. P. C., & Siahaan, C. (2022). Pengaruh Kesantunan Masyarakat Indonesia dalam Bermedia Sosial Terhadap Nation Branding. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial. 2(1): 8–21. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v1i3.36

Fatmawati, M. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Konten Youtube Sule Productions: Ini Bukan Talkshow (Kajian Pragmatik). Skripsi diterbitkan. Surakarta: UIN Raden Mas Said Surakarta.

Gordon, T. (1997). Teacher Effectiveness Training (TET): Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iswari, F. (2022). Strategi Komunikasi Efektif Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa SMPN 64. GANDIWA: Jurnal Komunikasi. 2(1): 12–19. https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1033

Iwan. (2023). Internalisasi Nilai-nilai Sopan Santun dalam Mewujudkan Lingkungan Pendidikan Humanis. Cirebon: CV Convident.

Khoirunnisa, P. (2019). Kesantunan Berbahasa dalam Diskusi Siswa Kelas VIII SMPIT Ash Shiddiqiyyah, Tangerang Selatan. Skripsi diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, A., Rachman, N., Astuti, S. W., Hartati, Y. F., Mayasari, N., Kusnadi, I. H., Hutapea, B., Muhammadiah, M., & Ardiyansyah. (2023). Komunikasi Pendidikan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Muhtadin. (2020). Pengaruh Komunikasi Guru dan Budaya Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali. Jurnal Dialektika Komunika. 8(1): 58–66.

Mukaromah, D. Al. (2020). Strategi Kesantunan Berbahasa pada Transaksi Jual Beli di Pasar Comal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi diterbitkan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal. http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/833

Purnamasari, H., & Amrullah, I. (2020). Harmonisasi dalam Komunikasi Guru dan Siswa di Era Milenial melalui Bahasa Indonesia dan Bahasa Tubuh yang Beretika. Jurnal Ilmiah SARASVATI. 2(1): 53–62. https://doi.org/10.30742/sv.v2i1.861

Rahayu, F. R. (2023). Strategi Komunikasi Efektif Guru dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa di MTs YPK Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin. 1(1): 116–123. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.128

Rahmawati, A. (2021). Kesantunan Berbahasa pada Podcast “Kalau Bodo Satu Generasi Gimana Bro” oleh Deddy Corbuzier bersama Nadiem Makarim sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi SMA Kelas X. Skripsi diterbitkan. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0A

Septiani, B., & Sofyan, F. A. (2022). Bentuk Strategi Kesantunan Tindak Tutur Positif dan Negatif di dalam Animasi “Bing Bunny: Memberi.” Jurnal Multidisipliner Kapalamada. 1(2): 167–174.

Shabela, D. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://conference.upstegal.ac.id/index.php/perisai/perisai1/paper/view/138

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia. 2(3): 124–136. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Sugiarti, M., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2017). Analisis Ketidaksantunan Berbahasa di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS. 1(2): 150–156. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4112

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia. Gresik: Graniti.

Supyana, Y., & Putra, P. (2020). Penerapan Pendekatan Pragmatik untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Kelas IV. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. 12(2): 167–176.

Wiradana, K. A., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2022). Komunikasi Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction. 3(2): 64–72. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.31114

Yule, G. (2018). Pragmatik. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING