Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustina, N. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta. Paradigma. 19(1), 61-68.
Anggrasari, A.P., & Rahagia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(1), 18–24.
Arnianti. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA. 1(1), 139-152.
Farida, A., Salsabila, U.H., Hayati, L.L.N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian. 1(8), 1701-1710.
Firnanda, M.R. & Wardaya, M. (2019). Penggunaan Kids Corner Dalam Sebuah Kegiatan Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak. VICIDI. 9(2), 33-43.
Hutabarat, J.T., Ompusunggu, K., Silaban, L.E., & Aliando, L. (2022). Pengabdian Masyarakat Kepada Pemuda Awal Mengenai Dampak Gadget di SMK St.Nahanson Parapat Sipoholon. Perigel. 1(4), 14-25.
Iffah, F., & Yasni, Y.F. (2022). Manusia Sebagai Mahluk Sosial. Lathaif. 1(1), 38-47.
Kurniati, M., & Nuryani. (2020). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 29-38.
Kusumastuti, A.B., Sutarjo, T., Ratih, K.W., Kurniawan, I., Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 3-6 Tahun Yang Diberi Gadget Smartphone. Jurnal Kesehatan Tambusai. 4(3), 2293-2299.
Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan. 2(2), 113-118.
Maryani, S. Perkembangan Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun Studi Kasus di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Gemintang Bojongsari Depok. Skripsi. (Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2018).
Miranti, P., & Putri, L.D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendikiawan Ilmiah. 6(1), 58-66.
Mohajan, H. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Published in: Journal of Economic Development, Environment and People. 7(1), 23-48.
Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Panjaitan, P. U., Sulistia, I., Nuraini, I., & Noviyanti, S. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Innovative, 3(5), 7453-7460.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 146 (2014).
Pratama, M.R. & Sudirman, N. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Penisi. 3(5), 136-143.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. COPE: Jurnal Ilmiah Guru. 2(18), 41–47.
Setyaningsih, A. Peningkatan Kemampuan Bahasa Pada anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Skripsi. (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020).
Sugiyono. (2007). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, R., & Yon, A.E. (2021). Pengaruh Gadget Bagi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2), 5347-5354.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.
Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi. 8(2), 107-119.
Yunita, E., Handayani, T., Fahmi, Oviyanti, F., & Murtopo, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Desa Tirtaharja Kecamatan Muara Sugihan. Innovative. 3(3), 8369-8378.
Yulsyofriend, Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.