Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Laila Safitri, Dalman Dalman, Rona Romadhianti

Abstract


Mengingat kemajuan teknologi yang semakin pesat, kepememilikan gadget di zaman modern ini menjadi hal yang penting. Penggunaan gadget dalam kehidupan memiliki dampak yang signifikan. Selain berdampak pada kehidupan orang dewasa, keberadaannya juga dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 10 anak yang berada di Kelurahan Rajabasa, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak. Diantaranya 40% anak memiliki pengaruh positif, 50% memiliki pengaruh negatif, dan 10% tidak memiliki pengaruh apapun. Selain itu, terdapat faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak diantaranya lingkungan keluarga, pola asuh orang tua, status ekonomi, serta latar belakang pendidikan orang tua.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, N. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta. Paradigma. 19(1), 61-68.

Anggrasari, A.P., & Rahagia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(1), 18–24.

Arnianti. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA. 1(1), 139-152.

Farida, A., Salsabila, U.H., Hayati, L.L.N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian. 1(8), 1701-1710.

Firnanda, M.R. & Wardaya, M. (2019). Penggunaan Kids Corner Dalam Sebuah Kegiatan Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak. VICIDI. 9(2), 33-43.

Hutabarat, J.T., Ompusunggu, K., Silaban, L.E., & Aliando, L. (2022). Pengabdian Masyarakat Kepada Pemuda Awal Mengenai Dampak Gadget di SMK St.Nahanson Parapat Sipoholon. Perigel. 1(4), 14-25.

Iffah, F., & Yasni, Y.F. (2022). Manusia Sebagai Mahluk Sosial. Lathaif. 1(1), 38-47.

Kurniati, M., & Nuryani. (2020). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 29-38.

Kusumastuti, A.B., Sutarjo, T., Ratih, K.W., Kurniawan, I., Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 3-6 Tahun Yang Diberi Gadget Smartphone. Jurnal Kesehatan Tambusai. 4(3), 2293-2299.

Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan. 2(2), 113-118.

Maryani, S. Perkembangan Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun Studi Kasus di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Gemintang Bojongsari Depok. Skripsi. (Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2018).

Miranti, P., & Putri, L.D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendikiawan Ilmiah. 6(1), 58-66.

Mohajan, H. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Published in: Journal of Economic Development, Environment and People. 7(1), 23-48.

Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Panjaitan, P. U., Sulistia, I., Nuraini, I., & Noviyanti, S. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Innovative, 3(5), 7453-7460.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 146 (2014).

Pratama, M.R. & Sudirman, N. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Penisi. 3(5), 136-143.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. COPE: Jurnal Ilmiah Guru. 2(18), 41–47.

Setyaningsih, A. Peningkatan Kemampuan Bahasa Pada anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Skripsi. (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020).

Sugiyono. (2007). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, R., & Yon, A.E. (2021). Pengaruh Gadget Bagi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2), 5347-5354.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi. 8(2), 107-119.

Yunita, E., Handayani, T., Fahmi, Oviyanti, F., & Murtopo, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Desa Tirtaharja Kecamatan Muara Sugihan. Innovative. 3(3), 8369-8378.

Yulsyofriend, Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING