Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Digital Pada Materi Kalimat Transitif dan Intransitif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Amalia Fitri Tanjung, Maisarah Maisarah

Abstract


Kalimat transitif dan intransitif merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV tingkat sekolah dasar. Namun observasi di sekolah menunjukkan berbagai masalah terkait keseulitan siswa memahami kalimat transitif dan instransitif, dan belum pernah menggunakan bahan ajar digital. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar scrapbook digital pada materi kalimat transitif dan intransitif yang layak digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model Thiagarajan sehingga terdapat empat langkah pengembangan produk, yaitu: define, design, develop, disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar scrapbook digital memperoleh kategori valid. Penelitian ini sangat merekomendasikan kepada guru maupun peneliti untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan mengintegrasikan alat teknologi digital maupun pelaksanaan pembelajaran melalui proses digitalisasi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Damayanti, M. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 803–811. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Media-Scrapbook-(-Buku-Tempel)-Terhadap-Di-Damayanti/7ffff6113557e8fb39c0aca5ea6f77372526c669

Handakara, Y. Y. (2021). Pengembangan Scrapbook sebagai Media Karya Kreatif dan Art Therapy. Journal of Contemporary Indonesian Art, 7(2), 105–112. https://doi.org/10.24821/jocia.v7i2.6081

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-o-matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(1), 214–219.

Maemunah, I., Djuanda, D., & Syahid, A. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Materi Kalimat Transitif dan Intrasitif melalui Media Website. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), 1002–1010. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79281

Maisarah, & Ayu, P. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Movie Studio untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Kelas 1 SD. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 3(2), 104–112. https://doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.2652

Maisarah, M., Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Tadris Bahasa Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.59141/jist.v4i01.564

Surbakti, H., Zakaria, Muslikhah, R. I., Sayekti, S. P., Ismail, J. K., Badi’ah, A., Maisarah, & Sumarsih. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING