Implementasi Kegiatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat dan Literasi Membaca Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep

Mochammad Ronaldy Aji Saputra, Faiqotul Jannah, Riris Nurkholidah Rambe

Abstract


Hasil evaluasi internal Madrasah Aliyah Negeri Sumenep menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mempunyai tingkat kompetensi membaca yang rendah. Mereka sering mengalami kesulitan memahami teks, merumuskan pemahaman, dan mengekstraksi informasi penting dari bahan bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan literasi membaca siswa dengan melaksanakan program kegiatan sudut membaca melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus 1 memiliki rata-rata tingkat literasi membaca sebesar 3,4 dan rata-rata minat membaca sebesar 35,3%. Kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan literasi membaca rata-rata sebesar 3,7 dan minat membaca rata-rata sebesar 51,7%. Kegiatan program Pojok Baca dapat efektif dalam meningkatkan minat dan literasi membaca dengan menerapkan pendekatan personal, strategi membaca aktif, penugasan menulis resensi buku dan kegiatan diskusi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fauzan Juliansyah, & Rukmana, D. (2022). the Effect of the Reading Corner Program on Increasing Reading Interest. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 798–809. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2633

Ghani, N., Jamian, A. R., & Abdul Jobar, N. (2022). Environmental Impact of Reading Literacy Development. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(4), e001425. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i4.1425

Hambali, A. (2022). Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Pemanfaatan Gazebo Literasi Digital. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA “Transformasi Pendidikan Di Era Super Smart Society 5.0,” 3. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/10/02/menumbuhkan-minat-baca-siswa-melalui-perpustakaan/

Heap, J. L. (1991). Reading as Cultural Activities: Enabling and Reflective Texts*. Curriculum Inquiry, 21(1), 11–39. https://doi.org/10.1080/03626784.1991.11075350

Hiko, M. F., Bare, Y., Bunga, Y. N., & Putra, S. H. J. (2022). Improving Students’ Interest in Reading at SDN Gembira Sikka Regency through the Reading Corner. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 489–494. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1318

I.N, H. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Kota Bantul. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29–45.

Ireson, J., Blatchford, P., & Joscelyne, T. (1995). What Do Teachers Do? Classroom Activities in the Initial Teaching of Reading. Educational Psychology, 15(3), 245–256. https://doi.org/10.1080/0144341950150302

Jamaludin, U., Setiawan, S., Nisa, T., Qorina, M., & Maulida, A. (2023). Peran Pojok Baca Terhadap Keefektifan Minat Baca Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 4(1), 88–100.

Jayanti, M., Dewi, R. M., Nafi’, Z., & Salimi, M. (2019). School Literacy Movement Through Reading Angle Optimization in Classes To Improve Student Reading Interest. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 280. https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26864

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.

Khoeriyah, Y. S., Indah, R. N., & Achmad Syam, R. Z. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Melalui Reading Challenge Di Sma Plus Al-Ghifari Bandung. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.24036/ib.v2i2.115

Nasrah, S., Rahayu, R., & Dahrum. (2021). Penguatan Minat Budaya Baca Untuk Meningkatkan Kualitas Diri dan Bangsa. TRANSFORMASI: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 1(3).

Nevo, E., & Vaknin-Nusbaum, V. (2020). Enhancing motivation to read and reading abilities in first grade. Educational Psychology, 40(1), 22–41. https://doi.org/10.1080/01443410.2019.1635680

Nurhayati, Syamsuri, A. S., & Haslinda. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mukhlisin Gowa. Buana Pendidikan, 19(1), 11–19.

Rachman, M. Y., Sadikin, A., Sari, Y. Y., & Fitriaty, D. (2023). Pendirian Pojok Baca Sebagai Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak. 2(3), 629–635.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938

Saputra, M. R. A. (2023). Penerapan Metode K-W-L Untuk Meningkatkan Literasi Membaca di MAN Sumenep. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 3(1), 75–88. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/index

Saputra, M. R. A., Chalid, F. I., & Budianto, H. (2023). Metode Ilmiah dan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset). Nizamia Learning Center.

Saputra, S., & Sari, N. (2023). Efektivitas Program Pojok Literasi Ku Sebagai Media Dalam Meningkatakan Literasi Masyarakat di Desa Bumi Sari. Publika : JIAP, 9(1), 69. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.vol9(1).11690

Wijayanti, S. (2020). Indonesian Students’ Reading Literacy. 390(Icracos 2019), 61–65. https://doi.org/10.2991/icracos-19.2020.13

Yeo, L. S., Ong, W. W., & Ng, C. M. (2014). The Home Literacy Environment and Preschool Children’s Reading Skills and Interest. Early Education and Development, 25(6), 791–814. https://doi.org/10.1080/10409289.2014.862147




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.3107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING