Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Talking Stick

Rahmah Nurfitriani, Muhammad Almi Hidayat

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIS Al Manar masih belum mencapai target KKM, khususnya materi unsur cerita pendek. Oleh karena itu,peneliti berupaya untuk menerapkan salah satu model pembelajaran talking stick untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan jenis PTK dengan subjek penelitian adalah  seluruh siswa kelas VB MIS Al Manar yang berjumlah 31 orang  siswa yang terdiri dari 16 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dilakukan model pembelajaran yaitu dengan nilai pre test 6,45% dan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran talking stick peningkatan hasil belajar rata-rata siswa kelas VB MIS Al Manar Tembung pada siklus I yaitu 58,06 % dan siklus II mencapai 70, 67 %. Oleh karena itu diharapkan kepada para guru untuk senantiasa dapat meningkatkan kreativitas dalam mengajar agar siswa dapat memahami materi pelajaran sehingga dapat meningkat pula hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adiko, H. S. S., & Djafar, M. (2022). Application of the Talking Stick Cooperative Learning Model in Improving Student Learning Outcomes. Journal La Edusci, 3(1), 1–5.

Asri, W. B., Nurhalim, K., & Suhandini, P. (2019). The Implementation of Talking Stick Model Assisted by Audio-Visual Media Toward Positive Character and Learning Outcome. Journal of Primary Education, 8(2), 225–231.

Azzahra, S. F., & Simatupang, N. I. (2021). Implementation of Talking Stick Method on Acid-Base Concepts to Improve Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of STEM Education for Sustainability, 1(1), 53–59.

Davies, I. K. (1991). Pengelolaan Belajar. Rajawali.

Imron Rosyidi. (2009). Pendidikan Berparadigma Inklusif. UIN Malang Press.

Istarani. (2012a). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Istarani. (2012b). Penelitian Tindakan Kelas. Media Persada.

Juariyah, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Ungkapan melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 863–872.

Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 190–197.

Ning Prihatini, C., Pratiwi, D. S., & Amrizal, A. (2020). Talking Stick Learning Model: a Strategy in Enhancing Students’ English Proficency. Journal of English Education and Linguistics, 1(1), 139–142.

Robert Gagne. (1977). The Condition of Learning. Hart Rineheart and Winston.

Seika Ayuni, I. G. A. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model pembelajaran talking stick berbantuan media buku cergam terhadap keterampilan berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 309–318.

Suseno, L. C., Haryanto, H., & Anafiah, S. (2020). Talking Stick Learning Model, How Significant Has the Impact on the PGSD Students’ Speaking Skills? Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 66.

Trianti Lestari, N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ips. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290.

Wiyanengsih, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Kenampakan Alam dan Sosial di Asia Tenggara dengan Metode Talking Stick. 1(4), 286–289.

Yulia Pratiwi Restianti, D. A. (2021). The Effect of Using Cooperative Learning Method through Talking Stick and Self-Confidence toward Speaking Ability. Journal on Teacher Education, 3(2), 14–23




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.3024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING