Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Untuk Siswa Tingkat SMP

Maisarah Maisarah, Nur Suaimah, Rika Amanda Putri, Vina Octavia Kudadiri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah bahan ajar teks eksplanasi. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan: (1) Bagaimanakah unsur dan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks ekslanasi di berita media massa cetak? (2) Bagaimanakah rancangan bahan ajar teks eksplanasi berdasarkan media massa cetak dan implementasinya dalam pembelajaran teks eksplanasi? (3) Bagaimanakah hasil implementasinya dari penggunaan bahan ajar teks eksplanasi berdasarkan media massa cetak dalam pembelajaran teks eksplanasi? Sumber Teks Eksplanasi media massa cetak koran dengan menganalisis isi, ketepatan penyajian, dan kesesuaian bahasanya. Instrumen angket hasil validasi dari ahli materi, dan hasil pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli materi, dan guru bahasa Indonesia, aspek kualitas pembelajaran memiliki rata-rata 3,33 (tingkat kelayakan 83,25%) yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan layak digunakan. Kemudian, aspek penyajian materi pembelajaran memiliki rata-rata 3,22 (tingkat kelayakan 80,5%) yang termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan. Selanjutnya, berdasarkan penilaian akhir ahli media, aspek desain tampilan memiliki rata-rata 3,5 (tingkat kelayakan 87,5%) yang termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat dikatakan layak. Kemudian, aspek pengoperasian memiliki rata-rata 3,16 (tingkat kelayakan 79,12%) yang termasuk dalam kategori baik sehingga dapat dikatakan layak digunakan. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran teks eksplanasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria kelayakan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul Rani, Bustanul Arifin, dan Martutik. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia.

Agus Suriamiharja, H. Akhlan Husein dan Nunuy Nurjanah. (1996/1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Arifin, samsul. 2007. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: PT Grasindo

Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Atar Semi. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Burhan Nugiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakara: PT Raja Grafindo Persada.

Deporter, Bobbi dan Mike Hirnacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Djuhari Otong Setiawan. 2007. Genre Dilengkapi 700 Soal Uji Pemahaman. Bandung:CV Yrama Widya.

Eveline Siregar dkk, Teori Belajar dan Pembalajaran, Ghalia Indonesia: Bogor, 2010, hal. 120-121

Hernowo, Bu sinu dan BK Bell, 2004 learning center, Bandung : Mizan

Jasmadi, dkk. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Mahsun.2014.Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulm 2013.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Mulyadi, Yadi dan Yani Andriani.2014. Bahasa Indonesia untuk SMA, MA, SMK, kelas XI. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiantoro, Burhanudin. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: Yrama Widya.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press

Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Pannen, Paulina dan Purwanto.2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Ditjen Dikti Diknas.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sri Purwanti. 2008. Penerapan metode Pembelajaran kooperatif Student Teams Achievment Division (STAD) untuk meningkatkan Kemampuan Mengarang siswa Kelas V SD N 01 Sambirejo Jumantono. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNS.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung:Alfabeta

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistika

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyu, Wibowo.2012. Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. Jakarta: Bidik Phronesia

Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Preneda Sanjaya, 2011). Hlm. 214-221.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i1.2556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING