PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA SMK VIP AL-HUDA KEBUMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Peminatan yang tertanam atau dimiliki oleh peserta didik, akan menjadikan mereka memiliki keterikatan tersendiri. Maka dalam penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai pengaruh minat belajar peserta didik terhadap prestasi belajar yang di capai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar peserta didik kelas XII SMK VIP AL-HUDA KEBUMEN terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan pemberian angket minat siswa dan hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 27 partisipan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa t hitung lebih besar dari r hitung yaitu 7,2078 ˃ 0,8217 dengan derajat kebebasan yang digunakan oleh peneliti adalah n-2 (27-2 = 25) dan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII B SMK VIP AL-HUDA KEBUMEN
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Abdurrahman dan Ratna Ellya. 2003. Evaluasi Pembelajaran dan Sastra Indonesia. (buku ajar). Padang : FBSS UNP.
Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan Belajar. Tarsito: Bandung
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Irham, Muhammad. 2003. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.
Taufani. 2008. Menginstal Minat Baca Siswa. Globalindo Universal Multikreasi: Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i1.2351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.