Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP

Maisarah Maisarah, Ade Alawiyah Lubis, Farrel Zahra Vadinda, Razita Dayana

Abstract


Artikel ini membahas pengembangan media Pop-Up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP. Tujuan dari artikel ini yaitu memaparkan tentang; (1) proses pengembangan media Pop-Up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP; dan (2) kelayakan media Pop-Up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model Thiagarajan atau 4D. Subjek penelitian terdiri dua orang validator ahli media, dan materi bahasa Indonesia. Objek penelitian yaitu media Pop-Up untuk materi puisi di kelas VIII SMP. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar angket validator, dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif rumus persentase rerata skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berbentuk media Pop-Up pada materi puisi. Media Pop-Up pada materi puisi yang dikembangkan terbukti sangat layak untuk digunakan oleh siswa kelas VIII untuk tingkat SMP/MTs sederajat. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk menggunakan media Pop-Up dan juga menyarankan agar mengembangkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57

Arini, D. R., & Nuryatin, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Mengalir Dengan Media Sticky Notes Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Magelang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 14–18. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.23771

Cahyani, D. D. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1). https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/11883

Fitri, N. A., & Karlimah, K. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus Dan Balok Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13196

Fitriasti, Z. K. N. (2020). Pengembangan Buku Teka-Teki Puisi “Tetesi” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngoro Jombang. BAPALA, 7(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/33836

Fuad, M., & Huda, M. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual untuk Siswa SMP Kelas VIII. J-Simbol, 7(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/18846

Hapidah, H. (2020). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. Equilibrum Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3128

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-o-matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(1), 214–219.

Marwati, S. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, 1(1). https://doi.org/10.36709/jb.v1i01.1058

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Noorbaiti, Effendy, C., & Syam, C. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5470

Sinta, & Syofyan, H. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 248–265. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, 5(2), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING