Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui "Mesin Daur Ulang" Cerita Rakyat Siswa SMA Negeri 2 Binjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek melalui “Mesin Daur Ulang” cerita rakyat siswa SMA Negeri 2 Binjai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Penulis melakukan pengamatan dengan menggunakan mata secara langsung dan menggunakan instrumen test, dan rekaman gambar. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi terpancang. Strategi terpancang ialah strategi yang digunakan peneliti dalam menyusun proposalnya sudah memilih dan menentukan variabel yang menjadi fokus utamanya sebelum memasuki lapangan studinya. Penulis mengumpulkan beberapa buku yang berkaitan dengan penelitian. Dari buku-buku tersebut penulis mendapatkan pengetahuan dan kemudian membandingkan isi satu sama lain untuk kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini adalah Mendaur ulang cerita rakyat dengan mengubah pengakhiran (ending) ceritanya dapat menggali kreativitas siswa dalam upaya meningkatkan kemampuannya menulis cerpen, Mendaur ulang cerita rakyat dengan mengubah alur cerita, atau plotnya dapat menggali kreativitas siswa dalam mengolah cerita, yang kemudian menjadi dasar kemampuan mereka menulis cerpen, diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa, terbukti dari pencapaian nilai yang jauh di atas standar kelulusan belajar minimal dan akan diperjelas lebih lengkap dalam laporan penelitian.
Full Text:
PDFReferences
Ismail.2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Balai Pustaka. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gani, Rizanur. 1988. Pengajaran Sastra Indonesia: Respon dan Analisis. Jakarta: Dian Dinamika Press.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Maman S. Mahayana. Bermain Dengan Cerpen. 2006: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratna, Nyoman Kutha.2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rohman, Saifur. 2020. Pembelajaran Cerpen. Jakarta: Bumi Aksara.
Semi, M. Atar. Anatomi Sastra, 1988: Padang: Angkasa Raya
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.