Efektivitas Teknik Reframing untuk Mengentaskan Learned Helplessness pada Siswa

Selfi Purnama Lubis, Ali Daud Hasibuan, Abdul Aziz Rusman

Abstract


Learned helplessness merupakan kondisi psikologis di mana siswa merasa tidak berdaya, pesimis, dan mudah menyerah saat menghadapi tantangan akademik. Fenomena ini menghambat perkembangan motivasi belajar dan kesejahteraan mental siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik reframing dalam mengentaskan learned helplessness pada siswa kelas IX UPT SMPN 35 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Sampel terdiri dari enam siswa yang teridentifikasi memiliki tingkat learned helplessness tinggi, berdasarkan hasil penyebaran angket pada 23 siswa. Intervensi dilakukan melalui layanan konseling kelompok dengan teknik reframing dalam empat sesi. Instrumen yang digunakan berupa angket learned helplessness yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat penurunan skor learned helplessness secara signifikan setelah diberikan layanan reframing, dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 (p < 0,05). Rata-rata skor pretest sebesar 102 menurun menjadi 63,67 pada posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik reframing efektif dalam membantu siswa mengubah pola pikir negatif, meningkatkan persepsi positif terhadap diri, serta mengurangi sikap pasrah dan pesimis dalam belajar. Dengan demikian, teknik reframing dapat digunakan sebagai intervensi efektif oleh guru BK dalam menangani permasalahan learned helplessness di lingkungan sekolah.

 


Full Text:

PDF

References


Abramson, L. Y., Seligman, M. E., & Teasdale, J. D. (1978). La Indefensión Aprendida en los Humanos: Crítica y Reformulación. Journal of Abnormal Psychology, 87(1), 49. https://ppc.sas.upenn.edu/sites/default/files/lhreformulation.pdf

Abramson, L. Y., Seligman, M. E., & Teasdale, J. D. (1978). La Indefensión Aprendida en los Humanos: Crítica y Reformulación. Journal of Abnormal Psychology, 87(1), 49. https://ppc.sas.upenn.edu/sites/default/files/lhreformulation.pdf

Arianto, L. (2023). Penerapan Teknik Desensitasi Sistematis Dalam Mengatasi Learned helplessness Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Ssiswa Kelas VIII SMP Negri 22 Kota Jambi. universitas JAMBI.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Bayu Aji Saputra, & Muhammad Hidayat. (2022). Self Efficacy, Social Support dan Learned helplessness Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Seminar Nasional Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole.

Corey, G. (2022). Theory and Practice of Group Counseling (10th ed.). Boston, MA: Cengage Learning.

Corey, G. (2022). Theory and Practice of Group Counseling (10th ed.). Boston, MA: Cengage Learning.

erford, Bradley, T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Konselor.

Fajriani, A., Thalib, Sy. B., & Umar, N. F. (2021). Penerapan Teknik Reframing Untuk Mereduksi Perilaku Rendah Diri Siswa Di Sma Negeri 6 Luwu. Pinisi Jurnal Of Education, 1(1), 1–18.

Fajrin, A., Thalib, Sy. B.,& Umar,, N. F(2021). Penerapan Teknik Reframing Untuk Mereduksi Prilaku Rebdah Diri Siswa Di SMA negeri 6 Luwu. Pinisi Jurnal Of Education, 1(1), 1-18.

Gazda, G. M. (1989). Group Counseling: A Developmental Approach. Boston: Allyn and Bacon.

Gazda, G. M., et al. (2019). Group Counseling: A Developmental and Systemic Approach. Boston: Pearson Education.

Gazda, G. M., et al. (2019). Group Counseling: A Developmental and Systemic Approach. Boston: Pearson Education.

Handari, G. R., Rosmawati, ), & Maiva, R. (n.d.). the Effect of Reframation Techniques To Reduce Learned helplessness Through Group Guidance At Smp Negeri 29 Pekanbaru. Jom Fkip-Ur, 6, 1–9.

Nisa, R. K., & Isnaini, N. (2023). Penerapan Teknik Reframing dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi Siswa. Jurnal Bimbingan dan Kanseling Ar-Rahman, 9(1), 33-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.7891235

Nisa, R. K., & Isnaini, N. (2023). Penerapan Teknik Reframing dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi Siswa. Jurnal Bimbingan dan Kanseling Ar-Rahman, 9(1), 33-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.7891235

Parnawi, A. (2020). Psikologi Belajar. In Advanced Geography and Geographical Learning.

Prayoga, F., Sedjo, P., & Wahyuni, M. (2022). Optimisme Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Bekerja. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(1), 39–47. https://doi.org/10.35760/arjwa.2022.v1i1.7297

Qourrichi, A., Ouazizi, K., Saaliti, E., Ait Ali, D., El Alami, L., Hilal, M., Nucera, G., Rizzo, A., Yildirim, M., Bahramizadeh, M., Batra, K., Szarpak, L., Bulut, S., Chirico, F., & Khabbache, H. (2024). The effect of learned helplessness on the psychological health of healthcare workers. Journal of Health and Social Sciences, 9(1), 129–143. https://doi.org/10.19204/2024/THFF6

Reeve, J. (2020). Understanding Motivation and Emotion (7th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.

Reeve, J. (2020). Understanding Motivation and Emotion (7th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.

Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

seligma, M. E. P., Reivich, K., jaycox, L., & Gilham, J. (1995). The Optimistic Child (Issue seligma, M. E. P., Reivich, K., jaycox, L., Gilham, J. (1995). The Optimistic Child. 6.). William Heinemann: australia.

Seligman, M. E. (1993). Learned optimism. In A Division of Random HOUSE, INC. (Vol. 8, Issue 11). https://doi.org/10.4135/9781412963923.n255

Seligman, M. E. P. (1975). Helplessness: On Depression, Development, and Death. San Francisco: Freeman.

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2019). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths (4th e↓ "housand Oaks, CA: Sage Publications.

Suci Permata Hati, Yenti Arsini, & Lisna Marselina Nasution. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Konseling Individual Dengan Teknik Reframing Dalam Mengubah Pola Pikir Negatif Remaja. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1812

Yunita, R., Purwanto, E., & Awalya. (2020). Counseling Group of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) and Reframing Technique to Reduce Learned helplessness. Jurnal Bimbingan Konseling UNNES, 9(1), 49–55. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/28840%0ACounseling.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371