Pengembangan E-LKPD Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak Terpuji Terintegrasi Moderasi Beragama

Choirun Nisa, Retno Widyaningrum

Abstract


Era society 5.0 membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap evolusi tekhnologi dalam dunia pendidikan. Pengembangan media pembelajaran ini dirasa begitu dibutuhkan dalam membantu peserta didik untuk belajar dan mengakses informasi secara luas. Fakta empirik telah memperlihatkan bahwa terdapat guru yang belum mumpuni mengkolaborasikan antara media digital dengan pembelajaran. Oleh karenanya, penulis berupaya mengembangkan E-LKPD berbasis flipbook pada mata pelajaran PAI materi akhlak terpuji terintegrasi moderasi beragama di kelas 4 SDN Kradinan 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan E-LKPD serta mengetahui efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan jenis (R&D) dengan model ADDIE. Analisis data melalui penilaian dari para ahli, dan uji paired sampel T tes dan N gain. Hasil penilaian ahli materi menunjukan bahwa E-LKPD sangat layak dengan persentase 92% dan ahli media dengan persentase 98,6% . Serta Diperoleh hasil penilaian Pre Test 56,25 dan Post Test 91,00 yang menunjukkan adanya peningkatan. Dan Berdasarkan nilai N Gain diperoleh, nilai mean 0.8090 yang menunjukkan kategori Tinggi. Kemudian untuk N gain persen nilai mean yang diperoleh 80.8966. sesuai table kategori tafsiran N gain Score berada dalam persentase > 76 sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan E-LKPD berbasis flipbook dikatakan Sangat Efektif.

Full Text:

PDF

References


Adli, Syahrul. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Sejarah Materi Kolonialisme Dan Imperialisme Kelas Xi Sma Negeri 11 Muaro Jambi,” 2020.

Afrianti, Eca. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri 008 Sialang Dua Dahan Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 5, No. 3 (2022): 5893–5901.

Agama, Kementerian. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama Ri, 2019.

Anandari, Qalbi Shanaz, Eka Feri Kurniawati, Marlina, Suci Okta Piyana, Lia Gusti Melinda, Rizka Meidiawati, And M Rizky Fajar. “Development Of Electronic Module: Student Learning Motivation Using The Application Of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft.” Jurnal Pedagogik 06, No. 02 (2019): 416–36.

Elisabeth Reni Hapsari. “Pengembangan E-Lkpd Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Smp Xaverius 4 Bandar Lampung Kelas Vii” 5 (2023): 1–14. Https://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Books/Nbk558907/.

Fuad, Annisa Syarifa. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Bangun Datar.” Journal Of Business Theory And Practice 10, No. 2 (2021): 6. Http://Www.Theseus.Fi/Handle/10024/341553%0ahttps://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1958%0ahttp://Ejurnal.Undana.Ac.Id/Index.Php/Glory/Article/View/4816%0ahttps://Dspace.Uii.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/23790/17211077 Tarita Syavira Alicia.Pdf?

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, No. 1 (2020): 1–22. Https://Doi.Org/10.37302/Jbi.V13i1.182.

Hidayat, Fitria, And Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (Jipai) 1, No. 1 (2021): 28–38. Https://Doi.Org/10.15575/Jipai.V1i1.11042.

Mustaghfiroh, Siti. “Pengarusutamaan Nilai Mederasi Beragaman Di Era Society 5.0.” Moderatio 02, No. 2 (2022): 1–12.

Novelia, Rika, Dewi Rahimah, And Muhammad Fachruddin Syukur. “Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Viii.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms) 1, No. 1 (2017): 20–25. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.1.1.20-25.

Nurdin, Fauziah. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 18, No. 1 (2021): 59. Https://Doi.Org/10.22373/Jim.V18i1.10525.

Nurriyah, Alifin, Suhartiningsih Suhartiningsih, And Fitria Kurniasih. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menulis Permulaan Berdasarkan Kurikulum 2013 Tema 5 Subtema 1 Kelas Ii Sdn Slawu Ii Jember.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 8, No. 1 (2021): 58. Https://Doi.Org/10.19184/Jipsd.V8i1.24498.

Purbajati, Hafizh Idri. “Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Sekolah.” Falasifa : Jurnal Studi Keislaman 11, No. 2 (2020): 182.

Rahma, Yuli. “Pengaruh Hypermedia 3d Flipbook Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Pada Konsep Termodinamika.” Journal Of The European Academy Of Dermatology And Venereology, 2020. Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Jaad.2013.01.032.

Saifuddin, Lukman Hakim. “Tanya Jawab Moderasi Bergama.” In Kementrian Agama Ri, 32, 2019.

Samsul Ar. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Samsul Ar Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (Stiba) Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan.” Al-Irfan, Volume 3, Nomor 1, Maret 2020 3 (2020): 37–51.

Saputra, Ardi Wildan Risqi, Sudargo Sudargo, And Dhian Endahwuri. “Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Group Investigation Berbantu E-Book Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Sma Negeri 5 Semarang Tahun 2020).” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 3, No. 6 (2021): 465–76. Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V3i6.7894.

Shihab, M, Quraish. Wasathaniyah Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D ( 2nd Ed). Data Kualitatif, 2013.

Suwartaya, Emy Anggraeni, Rujiyati, Sigit Saputra, And Dwi Ayu Setyaningsih. “Panduan Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Jarak Jauh (Ba-Pjj) Sekolah Dasar.” Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, 2020, 28. Https://Dindik.Pekalongankota.Go.Id//Upload/File/File_20201112020750.Pdf.

Syamsu, Fetro Dola. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Genta Mulia Xi, No. 1 (2020): 65–79.

Yunitasari, Hanna Ully. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ipa Terpadu Berpendekatan Sets Dengan Tema Pemanasan Global Untuk Siswa Smp. Unpublished Thesis. Universitas Negeri Semarang, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371