Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman)

Armanila Armanila

Abstract


Beberapa praktik pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) disinyalir terjangkiti paham keagamaan yang radikal dan intoleran. Persoalan ini sejatinya merupakan masalah laten dalam pembelajaran agama di semua jenjang pendidikan, yakni pendekatan pembelajaran yang dogmatis dan doktriner. Karenanya artikel ini melakukan kajian tentang pendekatan pembelajaran dalam rangka pencapaian perkembangan aspek agama pada anak usia dini yang tidak dogmatis dan doktriner. Kajian ini fokus pada pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbasis kajian normativitas-historisitas dalam filsafat ilmu-ilmu keIslaman. Hasil kajian menemukan adanya benang merah filosofis antara pendekatan CTL dengan kajian normativitas-historisitas. Benang merah tersebut berupa historisitas Islam berbentuk pengalaman religius peserta didik, yang bersifat fleksibel dan temporer, yang dapat dijadikan sebagai konteks dalam pendekatan CTL . Pengalaman religius ini kemudian dieksplorasi dengan menggunakan pendekatan CTL sehingga menghasilkan makna bagi peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Abdi, M. I. (2011). Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 11(1).

Abdullah, M. A. (2002). Studi Agama; Normativitas atau Historisitas? Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdullah, M. A. (2012). Islamic Studies di Perguruan Tinggi; Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Qur’an, L. P. M. (2014). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jakarta: Kamil Pustaka.

Alwasilah, A. C. (2008). Tujuh Ayat Pendidikan Kontekstual’, in Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar. Bandung: Mizan Learning Centre.

Hanafi, Y. (2017). Transformasi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Dari Paradigma Normatif-Doktriner Menuju Paradigma Historis-Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(1).

Harudin, M. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi pada siswa kelas V SD Islam Terpadu Madani Kabupaten Aceh Tenggara. Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 2(1).

Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching & Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, trans. by Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Centre.

Khotib, M. A. Al. (1981). Ushul al Hadith Ulumuhu Wamustholakuhu. Beirut: Dar al-Fikr.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pearce, L. D., Hayward, G. M., & Pearlman, J. A. (2017). Measuring Five Dimensions of Religiosity Across Adolescence. Review of Religious Research, 59(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.