Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ikhwanul Muslimin

Maisarah Maisarah, Ade Rosmalinda Siregar, Habibah Adawiyah, Homsani Nasution, Yustika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan finger painting terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Ikhwanul Muslimin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen tipe one group pretest-postest. Sehingga pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok sampel yang terdiri dari 15 orang anak usia 5-6 tahun di RA Ikhwanul Muslimin. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan rubrik penilaian. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan finger painting dapat mempengaruhi kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Ikhwanul Muslimin. Temuan lain dari penelitian ini bahwa kegiatan finger painting juga mempengaruhi aspek perkembangan lainnya, seperti: sosial emosional karena anak belajar dengan rasa gembira dan semangat, motorik halus karena pembelajaran menggunakan jari untuk melukis, kognitif dan bahasa karena anak diminta untuk menceritakan apa yang dilukisnya, dll. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk melakukan kegiatan finger painting dan kepada peneliti lainnya dapat melakukan penelitian lebih dalam mengenai temuan-temuan yang dipaparkan pada artikel ini

Full Text:

PDF

References


Adinda, W. N., Wahyuni, S., & S, K. M. (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah, 8(1).

Artaningsih, L. P. Y. (2012). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Kelompok B3 Di TK Kemala BhayangkariSingaraja. Universitas Ganesha.

Astria, N., Sulastri, M., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6204

Handayani, K. S. W., Manuaba, I. . S., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Finger Painting terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 di TK Ganesha. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(3).

Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Maisarah. (2016). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Hands-On Mathematics dan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional dan Mathematics Anxiety Siswa SDIT Khairul Imam. Universitas Negeri Medan.

Maisarah. (2018). Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2019a). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2019b). Statistik Pendidikan. Medan: Akasha Sakti.

Matondang, Z. (2013). Statistika Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Menda, A. S. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Cibubur: Guepedia.

Mulyadi, S. (2004). Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahmawati, Y., & Kurniawati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Santrock, J. (2008). Educational Psychology, 2nd ed, Penerjemah Tri Wibowo Psikologi Pendidikan, cet. 2. Jakarta: Kencana.

Sit, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Suciati, D. A. K. G., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Berbasis Teori Lokomosi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. 2Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7791

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Utami, M. (2011). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes - Lev Semenovich Vygotski, Michael Cole - Google Livres. Cambridge: Harvard University Press.

Wulandari, S. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6 Tahun di TK Aisyah Medan Johor T.A 2014/2015. Bunga Rampai Usia Emas, 2(1).

Wulansari, D., Masitoh, S., & Bachri, B. S. (2020). The Effect Method of Playing Finger Painting on Creativity Ability And Ability To Espress Languages In Children Age 5-6 Years. International Journal Education and Vocational Studies, 2(1). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.2097




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.