Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam

Humaidah Br Hasibuan, Zulkipli Nasution, Miftahul Zannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris melalui media audio visual pada anak usia 5-6 tahun di RA Babussalam. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus tindakan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu: anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 orang anak di RA Babussalam, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu: media audio visual dan kosa kata bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase rerata skor (P). Penelitian ini membuktikan bahwa: (1) kemampuan penguasaan kosa kata bahasa inggris awal anak pra siklus yaitu 20% dengan rata-rata 3,45. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak sangat rendah dan belum berkembang; (2) Terjadi peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak setelah menggunakan media audio visual yaitu dari 20% meningkat secara klasikal sebanyak 85%. Hal ini menunjukkan bahwa dari penelitian yang dilakukan telah mencapai peningkatan keberhasilan secara klasikal.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2011). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa inggris Anak Kelas B di TK Aisyiyah Pantirejo Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fauziati, E. (2010). Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Surakarta: Era Pustaka Utama.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1). https://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/8

Maisarah. (2019). Matematika dan Sains Anak Usia Dini (Edisi Revisi). Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual (Animasi) di PAUD. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.30998/fjik.v3i2.782

Rahmawati, E. (2016). How Children Learn A Foreign Language (A Literature Study on Teaching English to Young Learners). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/198

Sari, M. (2012). Peningkatan Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak dengan Total Pshycal Response di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Sijunjung. Jurnal Pesona PAUD, 1(1). https://doi.org/10.24036/1590




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.