Metode Bercerita Kisah Nabi dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Akhlak Anak di RA Hamdaniyah

Hadis Purba, Raisah Armayanti Nasution, Rosita Rosita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita Kisah Nabi terhadap perkembangan akhlak anak usia 5-6 tahun. Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan Quasi Eksperimen Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang anak usia 5-6 tahun di RA Hamdaniyah. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan rumus uji-t untuk data homogen. Penelitian ini membuktikan bahwa: terdapat pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan akhlak anak usia 5-6 tahun di RA Hamdaniyah. Temuan lain penelitian ini yaitu anak merasa senang ketika belajar, bahkan menimbulkan emosi dan sikap sosial yang baik ketika guru menceritakan kisah Nabi sebagai tauladan umat dalam bersikap. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan pentingnya penggunaan metode bercerita kisah Nabi khususnya pada sekolah yang berbasis Islam seperti Raudhatul Athfal.

Full Text:

PDF

References


Abdul, R., & Mamonto, E. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Di Kota Selatan Gorontalo,. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.

Abdurrahman. (2018). Meningkatkan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini melalui Pembinaan Akhlak. Jurnal Penelitian Keislaman.

Fatmawati, N. (2018). Pengaruh Metode Bercerita (Tentang Kisah–kisah Nabi dan Rosul) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Jurnal AICIED.

Jaya, I. (2018). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. https://doi.org/10.1016/S0262-8856(98)00132-2

Maisarah. (2017). Hubungan antara Kemampuan Awal Penjumlahan dan Hasil Belajar Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Pembelajaran Inovatif Dalam Mencetak Generasi Yang Profesional Berkarakter Dan Unggul,.

Maisarah. (2019). Statistik Pendidikan. Medan: Akasha Sakti.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saepudin, A., & Sudiarni, C. (2014). Penerapan Pendidikan Akhlak Mulia Dalam Mengembangkan Karakter Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 2(1).

Suyadi, & Maulidya. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafaruddin. (2011). Pendidikan Prasekolah Perspektif Pendidikan Islam dan Umum. Medan: Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.