Kecerdasan Kinestetik dan Perkembangan Motorik Kasar Anak di RA Karya Panca Budi

Sapri Sapri, Fauziah Nasution, Sihati Sihati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kecerdasan kinestetik, perkembangan motorik kasar, dan hubungan antara kecerdasan kinestetik dan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Karya Panda Budi. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini yaitu 30 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji hipotesis korelasi menggunakan rumus product moment. Penelitian ini membuktikan bahwa: (1) sebanyak 10 orang anak 5-6 tahun di RA Karya Panca Budi mempunyai kecerdasan kinestetik berkategori rendah, sebanyak 16 orang berkategori sedang dan sebanyak 4 orang berkategori tinggi; (2) sebanyak 5 orang anak 5-6 tahun di RA Karya Panca Budi mempunyai perkembangan motorik kasar mulai berkembang, sebanyak 18 orang berkategori berkembang sesuai harapan, dan sebanyak 7 orang berkategori berkembang sangat baik;  dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan kinestetik dengan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Karya Panca Budi.

Full Text:

PDF

References


Aktavia, A. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode Outdoor Games Dengan Media Dadu Raksasa. UMP.

Amalia, D. D. (2018). Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Seni Tari di Kelompok B. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 4(2).

Fauzia. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Ritmik Garuda. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 5(2).

Hartinah, S. (2008). Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.

Jaya, I. (2018). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. (2017). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Maisarah. (2014). Hubungan antara Kemampuan Awal Penjumlahan dengan Hasil Belajar Perkalian Pada Siswa Kelas II SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Medan.

Maisarah. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Mandagi, M. O., & Putri, N. L. (2018). Asesmen Pembelajaran AUD dan TK. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk: Modul PAUD4404. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pitakasari, A. R. (2013). Bocah Dengan Kecerdasan Kinestetik Jangan Dilemahkan. Http://Republika.Co.Id.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.