Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Umar Mirza

Nurmawati Nurmawati, Zulfahmi Lubis, Nurmiyanti Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Perilaku Sosial Pada Anak Usia Dini. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasi Eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di RA Umar Mirza Patumbak. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 64 orang, dan sampel pada penelitian ini yaitu hanya 20 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa: (1) adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di RA Umar Mirza Patumbak; (2) adanya pengaruh metode pembelajaran tanya jawab terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di RA Umar Mirza Patumbak; dan (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran make a match dengan metode pembelajaran tanya jawab terhadap perilaku sosial anak.


Full Text:

PDF

References


Aswita, E. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.

Jaya, I. (2018). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Maisarah. (2017). Hubungan antara Kemampuan Awal Penjumlahan dan Hasil Belajar Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Pembelajaran Inovatif Dalam Mencetak Generasi Yang Profesional Berkarakter Dan Unggul,.

Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Trianto, I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wardiyanti, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Dengan Penerapan Model Kooperatif Make A Match. Universitas Negeri Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.