Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah

Khadijah Khadijah, Arlina Arlina, Rizka Amalia Rahmadani

Abstract


Kemampuan mengenal huruf merupakan pondasi atau kemampuan awal di bidang bahasa dan keaksaraan yang harus dimiliki anak agar dapat memahami informasi dalam bentuk tulisan. Namun hasil observasi awal di RA Amanah Amaliyah menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak usia dini belum semuanya berkembang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kurt Lewin melalui empat tahapan dan dua siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I sebanyak 13 orang (65%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 15,05 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 orang (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 23,6. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa anak lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran karena media audio visual mendukung anak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan menarik perhatian anak.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2000). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cahyani, A. N. (2019). Identifikasi Kemampuan Guru dalam Menerapkan Metode Proyek di TK Al-I’dad An-nuur Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4).

Direktorat, D. (1999). Penelitian Tindakan Action Research. Jakarta: Depdiknas.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.

Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di PAUD Terpadu Teratai UNM Makassar. Jurnal Instruksional, 1(1).

Lewin, K. (1990). Action Researchand Minority Problems the Action Research Reader. Victoria: Deakin University.

Madeamin, I. (2012). Model PTK (2): Model Lewin Menurut Elliot. Http://Www.Ishaqmadeamin.Com/2012/11/Model-Ptk-2-Model-Lewin-Menurut-Elliot.Html.

Maisarah. (2019). Matematika dan Sains Anak Usia Dini (Edisi Revisi). Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.

Oktaviani, D., & Kamtini. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Salsa T.A 2016/2017. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 3(1), 26–39.

Yanti, P. D., & Khotimah, N. (2019). Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Kelompok B Di TK Al Karomah Islam Wiyung. Jurnal PAUD Teratai, 8(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.