Implementasi Alat Musik Perkusi Dalam Kemampuan Mengelola Emosional Anak Usia Dini di RA Az-Zahwa

Junaidi Arsyad, Ayu Putrianti, Khadijah Khadijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi alat musik perkusi dalam kemampuan mengelola emosional anak usia 5-6 tahun di RA Az- Zahwa.  Dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengelola emosional anank usia 5-6 tahun di RA Az-Zahwa. Untuk mencapai tujua tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif sedangkan Partisipan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di kelas pisang RA Az- Zahwa yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun prosedur dalam penelitian ini yaitu tahap deskripsi, tahap reduksi, dan tahap seleksi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Adapun hasil dari penelitianini menunjukkan bahwa implementasi alat musik perkusi dalam kemampuan mengelola emosional anak usia 5-6 tahun di RA Az- Zahwa memiliki empat tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pembukaan, tahap inti dan tahap penutup. Sedangkan Kemampuan mengelola emosional anak usia 5-6 tahun di RA Az- Zahwa sudah bagus walaupun ada sebahagian anak yang belum mampu mengelola emosional dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Maisarah. (2019). Matematika dan Sains Anak Usia Dini (Edisi Revisi). Medan: Akasha Sakti.

Martinis, & Sanan. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Perdana Press.

Mashar, R. (2011). Emosi Anak UsiaeDini DaniStrategi Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyana, E. H. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi DWP Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Muqowim. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Wonosobo.

Nurgiyanti, S. (2013). Pengaruh Permainan Alat Musik Perkusi Terhadap Persepsi Bunyi Irama Pada Anak Kelompok B TK Aba Ngabean I Kemusuh Banyurejo Tempel Sleman.

Ridwan. (2017). Permainan Instrumentalia Musik Perkusi Dengan Instrument Musik Barang Bekas Dapat Meningkatkan Minat Belajar Musik Anak.

Sefrina. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Presindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.