Pengaruh Metode Latihan Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Di Tk Aisyiyah Busthanul Athfal 33

Humaidah Br. Hasibuan, Dewi Susanti Br. Maha, Ramadhan Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode latihan terhadap kemandirian anak kelas eksperimen di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode nasehat terhadap kemandirian anak kelas kontrol di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33, (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan kelas eksperimen dengan pengaruh metode nasehat kelas kontrol terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33. Penelitian ini adalah Penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan desain quasi experimental design (non-equivalent control group design). Populasi penelitian ini berjumlah 30 anak. Sampel penelitian berjumlah 30 anak terdiri dari 2 kelas yaitu 15 anak kelas eksperimen dan 15 anak kelas control. Penelitian ini menggunakan total sampling. Istrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, menggunakan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh siknifikansi antara metode latihan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahu di Tk aisyiyah bustanul athfal 33, hal ini dilihat dari nilai rata-rata kemandirian sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 5.4 menjadi 9.867, hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang di lakukan. (1)Terdapat pengaruh metode latihan terhadap kemandirian anak kelas eksperimen; (2)Tidak terdapat pengaruh metode nasehat terhadap kemandirian anak kelas kontrol; dan (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan dengan metode nasehat terhadap kemandirian.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luma.

Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini Membentuk Generasi Cemerlang Harapan Bangsa. Bandung: Alfabeta.

Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. (2017). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah, & Armanila. (2017a). Bermain dan Permainan AUD. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah, & Armanila. (2017b). Permasalahan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Lesmana, F. (2014). Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).

Maisarah. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yamin, M. (2015). Teori Dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.