Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di RA Islamiyah Al Amin

Akmal Walad Ahkas, Muhammad Rais, Ihsan Satria Azhar

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di RA Islamiyah Al Amin. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian kuantitatif desain quasy eksperimental. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini mendapat diperoleh nilai thitung = 3,3739 dengan nilai ttabel = 2,0555. maka hasil penelitiannya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di RA Islamiyah AL Amin. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran talking stick untuk mempengaruhi kemampuan menyimak anak.

Full Text:

PDF

References


Handaryani, N. M. D. P., Suniasih, N. W., & Putra, I. K. A. (2016). Penerapan Pembelajaran Talking Stik untuk Mengembangkan Kemampuan Bagasa Lisan Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Genesha Jurusan PGPAUD, 4(1).

Hijriyah, U. (2016). Menyimak Strategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan.

Jaya, I. (2018). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Maisarah. (2019a). Matematika dan Sains Anak Usia Dini (Edisi Revisi). Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2019b). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Sugiantiningsih, I. A., & Aditya, P. (2019). Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiyah, Pendidikan Profesi Guru, 2(3).

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Yusri. (2013). Statistika Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.