Hubungan antara Kecerdasan Kinestetik dengan Meniru Kegiatan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Bunayya 7

Zulfahmi Lubis, Khairin Nabilah Pane, Ramadhan Lubis

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana kecerdasan kinestetik anak, bagaimana gerakan meniru sholat anak dan adakah hubungan antara kecerdasan kinestetik dengan meniru kegiatan sholat di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Bunayya 7 T.A 2019/2020. Penelitiam ini bertujuan untuk: Mengetahui kecerdasan kinestetik anak, mengetahui gerakan meniru shalat anak dan mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan kinestetik anak dengan meniru kegiatan sholat di TKIT Bunayya 7 Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang masuk ke dalam jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 53 anak juga, dikarenakan jumlah populasi tidak sampai dengan 100 sehingga cara menentukan sampel memakai teknik total sampling ialah teknik yang menentukan sampel dengan memakai semua populasi. Data diperoleh uji linearitas dan uji hipotesis (menggunakan korelasi produk moment). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung (9,782 ≥ ttabel 1,675). Hal ini bermakna bahwa terdapat hubungan secara signifikan antara kecerdasan kinestetik dengan meniru gerakan shalat anak usia 5-6 tahun di TKIT Bunayya 7 Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Kharisma Utama.

Mursid. (2018). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sinyo. (2015). Pendidikan Anak usia Dini ala Luqman Al-Hakim. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.