Konsep Hadits tentang Parenting terhadap Kepribadian Anak di TK Awliya Cirebon

Muidatul Faziyah

Abstract


Parenting pada dasarnya adalah pola asuh pendidikan sejak anak lahir hingga sang anak memenuhi kriteria untuk disebut sebagai pribadi yang dewasa. Dengan adanya kegiatan parenting ini orang tua akan lebih sadar terhadap perkembangan anaknya, kegiatan parenting  biasa dilakukan setiap 1 bulan sekali di TK Awliya Kota Cirebon. Kegiatan parenting ini bertujuan untuk untuk mempererat tali kekeluargaan antara guru dengan orang tua murid, adapun tujuan khususnya adalah  untuk mengetahui perkembangan kepribadian anak baik ketika di sekolah dan bagaimana ketika anak mengikuti setiap kegiatan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang merupakan penelitian yang mendalam baik tentang individu, kelompok maupun organisasi yang dilakukan dalam waktu tertentu. Studi kasus menghasilkan data untuk selanjutnya dianalisis untuk mengasikan teori. Sebagaimana prosedur pemorelahan data penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi dan arsif lainnya dan pengujian persyarat analisa menggunakan  Uji normalitas dan uji homogentitas tujuannya untuk mengetahui data yang memenuhi sifat homogen atau tidak dengan bantuan Statistical Package for the Social Science (SPSS) for windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan perilaku orang tua dalam berinteraksi dengan anak dapat mempengaruhi kepribadian anak. Terbukti dengan adanya konsep hadits tentang parenting terhadap kepribadian anak, kepribadian anak di TK Awliya menjadi lebih baik dan mampu menjadi penerus bangsa yang memiliki akhlakul kharimah


Full Text:

PDF

References


Al-Khatib, M. A. 1999. Hadits Nabi Sebelum Dibukukan. Jakarta: Gema Insani Press.

Fauzil, M. A. 1996. Salahnya Kodok. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Hurlock, Elizabeth, B. 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Idri. 2010. Study Hadits. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ki, F. 2012. Psikologi Kepribadian: Paradigma Filosof Tipologis, Psikodinamik dan Organismik-holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lawrence A, D. 2010. Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. (A.K Anwar, Ed.). Jakarta: Kencana.

M. Shohib. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: rineka cipta.

Muhammad Allfatih Suryadilaga. 2014. Kajian Hadits di Era Global. Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 15.

Mujib, A. 2007. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santosa, E. T. 2015. Raising Children Digital. Jakarta: Elex Media.

Santrock, J. W. 2016. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2009. metode penelitian pendidikan pendekatan, kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu Yusuf, J. N. 2007. Teori kepribadian. Bandung: Rosdakarya.

Vita, S. A. 2018. Positive Parenting. Yogyakarta: Pustaka Batu.

Zakiyah Drajat. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.