Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta

Winda Nuri Adinda, Sri Wahyuni, Khotimatul Majidah S

Abstract


Pembelajaran kreativitas sangat penting dinilai menggunakan penilaian autentik. Melalui penilaian autentik pengalaman anak dalam konteks dunia nyata dapat direalisasikan dalam pembelajaran kreativitas. Penilaian autentik dapat berarti dan sekaligus menjamin objektivitas, nyata, benar-benar hasil tampilan peserta didik, akurat, dan bermakna. Jadi dengan menggunakan model peneilaian autentik dalam kerja pengukuran hasil pembelajaran kreativitas, hal itu sekaligus menjamin keadaan dan informasi yang sebenarnya tentang anak. Skor atau nilai yang diperoleh seorang anak sekaligus menunjukkan kompetensi yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan di TK An-Nur I yang beralamat di Jl. Solo Km.9 Kembang, Maguwoharjo, Sleman, DIY. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatis deskriptif. Penulis dapat mengetahui realita dan fakta yang sebenarnya mengenai pelaksanaan penilaian autentik di TK An-Nur I. Dari objek-objek yang ditemukan dilapangan baik itu berupa karya, prestasi, metode pembelajaran, dan penilaian menggunakan penilaian autentik dalam pembelajaran kreativitas bahwa guru banyak melakukan penilaian berdasarkan hasil karya anak.

Full Text:

PDF

References


Ade, P. Cintya. 2015. Pelaksanaan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 4 Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 6 Tahun ke IV.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

M. Fadlillah. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini (Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan menyenangkan). Jakarta: Kencana.

Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masganti Sit, dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurgianto, B. 2011. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratih Rizqi Nirwana. 2016. Peer And Assessment Sebagai Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 3, No. 2.

Saputri, Amelia Hani. 2016, Penilaian autentik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Seni Tari. Skripsi: Universitas Lampung.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (Dalam Kajian Neurosains). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Udin Syaefudin Sa’ud. 2013. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno Hamzah B. & Koni Satria. 2013. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yosep Herman & Wahyu Yustiana. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Zainal, A. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.