Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas

Putri Rahmi, Mawaddah Mawaddah, Heliati Fajriah, Maisarah Maisarah

Abstract


Kreativitas anak belum sepenuhnya berkembang. Hal ini dapat dilihat pada saat proses kegiatan banyak anak yang masih mencontoh dan tidak mau mencoba membuat bentuk lain dari contoh yang telah diberikan oleh gurunya, Untuk mengetahui kreativitas anak melalui penggunaan alat permainan edukatif tangram untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menemukan pada tindakan prasiklus 7 anak belum berkembang, 3 anak mulai berkembang, belum ada anak yang berkembang sangat baik. Pada  tindakan siklus I anak yang mulai berkembang sebanyak 3 orang, 4 orang berkembang sesuai harapan, dan 3 orang berkembang sangat baik. Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. Sebanyak 3 anak berkembang sesuai harapan, dan 7 anak berkembang sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Aqib, 2011, Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD, Bandung: Nuansa Aulia

Hazdalina, Silya. 2017. Upaya Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Kardus di PAUD Pusikam Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Itawari, R., Ahmad, A., Fakhirah. Penggunaan Permainan Tangram untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Vol. 2 (1), Mei 2017. Hal: 62-69.

Karim, Pendidikan Matematika, 2009, Jakarta: Universitas Terbuka

Kemendiknas. Acuan penyusunan kurikulum PAUD, Jakarta: Depdiknas. 2013

Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Pane, Elvina Sari. Implementasi Alat Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Amal Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Pitadjeng, 2006, Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan, Jakarta: Depdiknas

Sarah dan Lathifaturrahmah, “Penggunaan Media Tangram Dalam Pembemlajaran Matematika Pada Materi Kesebangunan Di Kelas IX Mtss Siti Banjarmasin”. Advanced Science Letters, Vol. 03 No. 1 Juli-Desember 2015

Setyorini, Rahayu. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Tangram Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Artikel Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.