Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial di RA Al Musthafawiyah Kecamatan Medan Tembung

Yusnaili Budianti, Ikha Putri Rangkuti, Fauziah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh tebak gambar terhadap kecerdasan visual spasial di kelas eksperimen di RA Al-Musthafawiyah, (2) mengetahui pengaruh kecerdasan visual spasial yang tidak menggunakan media tebak gambar di RA Al-Musthafawiyah, dan (3)mengetahui perbedaan pengaruh media tebak gambar dengan LKA terhadap kecerdasan visual spasial anak di RA Al-Musthafawiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Non Participant Observasion.. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas,uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh media tebak gambar terhadap kecerdasan visual spasial anak di RA Al-Musthafawiyah hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 2,42 menjadi 7 dengan thitung > ttabel, yaitu 10,043 > 2,030 (2) Terdapat pengaruh kecerdasan visual spasial yang tidak menggunakan media tebak gambar di RA Al Musthafawiyah hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 1,94 menjadi 5,05 dengan thitung <ttabel, yaitu 7,19 <2,030 (3) Ada perbedaan pengaruh media tebak gambar dengan lembar kerja anak terhadap kecerdasan visual spasial anak di RA Al Musthafawiyah, terlihat dari uji hipotesis post-test kedua kelas yaitu thitung > ttabel yaitu = 5 < 2,030.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2010. Flash Card Iqro. Raudhatul Muhibbin.

Arikunto. VPenelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. 2012. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hazin, N. K. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Super Baru Untuk Sd Smp Smu Dan Umum. Surabaya: Terbit Terang.

Humam, A. 2000. Buku Iqro’ Cara cepat Belajar Membaca Al-Qur’an Jilid 1-6. Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan LPTQ Team Tadarus AMM.

Khadijah. 2015. Media pembelajaran anak usia dini . Medan : Perdana Publishing.

_______. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

_______. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publisher.

Khasnati. 2011. Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Anak Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Siswa Kelas 1 MI Al-Ikhsan Sutopati 3 Kecamatan Khajoran Kabupaten Magelang. Jurnal Skripsi .

Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Miles, M. H. 2014. Qualittaive Data Analysis, A Metods Source, Edition 3 USA: sage Publications. Terjemah Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press.

PP, R. I. 2007. Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Paragraf 2 Pendidikan Diniyah Nonformal Pasal 24.

RI, D. A. 2011. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Bintang Indonesia.

Syairuddin. 2010. Kamus Al Azhar Persi Arab Indonesia. Jombang: Lintas Media.

Yulis, R. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.