Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan

Khadijah Khadijah, Rizki Nurhalizah, Rohani rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan praktik shalat anak kelompok B sebelum menggunakan media audio visual di RA Al-Fazhira (2) Untuk mengetahui pelaksanaan praktik shalat anak kelompok B dengan menggunakan media audio visual di RA Al-Fazhira (3) Untuk mengetahui apakah media audio visual dapat meningkatkan kemampuan pelaksanaan praktik shalat anak kelompok B di RA Al-Fazhira. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan metode Kemmis dan Taggart yaitu (Rencana, Tindakan, Observasi, dan Refleksi). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh selama prasiklus, siklus I, dan siklus II yaitu: 1) Pada saat prasiklus jumlah nilai rata-rata 26,58. 2) pelaksanaan praktik shalat anak dengan mengunakan media audio visual di RA Al-Fazhira kecamatan percut sei tuan untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan praktik shalat. Hal ini diketahui melalui pelaksanaan siklus I dan siklus II, 3) Terjadi peningkatan setelah menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 67,89 meningkat menjadi nilai rata-rata 96,13. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari penelitian siklus I dan siklus II telah mencapai peningkatan keberhasilan klasikal. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti bahwa Media Audio Visual dapat Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B RA Al-Fazhira kec. Percut Sei Tuan.

Full Text:

Untitled PDF

References


Amirudin, Aam. 2008. Sudah Benarkah Shalatku ? (Panduan Gerakan dan Bacaan Shalat), Bandung: Khazanah Intelektual.

Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Parman, Yundi Fitrah, Emosda. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Praktik Ibadah Siswa Di SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi Vol.3 No. 1 Maret 2013.

Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran, Cet. ke-1, Banjarmasin; Antasari Pers.

Santi, Danar. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2003. Teknologi Pengajaran, Bandung:Sinar

Zahir, Ahmad Sarwono bin. 2011. Agar Shalat Mendatangkan Pertolongan Allah. Depok:. Fathan Prima Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.