IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA DIRI SENDIRI DI TK A PAUD KHAIRIN KIDS MEDAN TEMBUNG

Raisah Armayanti Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui untuk mengetahui: 1) implementasi pembelajaran tematik dengan tema diri sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran tematik dengan tema diri sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung. Lokasi Penelitian terletak di Paud Khairin Kids Medan Tembung Jl Tuamanag No. 85 Kel Sidorejo Hilir Kec. Medan Tembung Sumut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu 1).Implementasi pembelajaran tematik TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung dilakukan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dalam perencanaan pembelajaran guru mengembangkan tema yang dituangkan pada prota, prosem, RPM, dan RPH. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan dengan tiga tahap pembelajaran yaitu kegiatan pembuka , inti dan penutup. Sedangkan penilain pada pembelajaran tematik dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran tematik adalah sarana dan prasarana, metode yang beragam/ bervariasi, seedangkan factor penghambat yaitu kurangkanya pemahaman guru dalam membuat perangkat perencanaan pembelajaran ,usia anak 4-5 tahun sulit memahami materi dalam pembelajaran tematik dan kurangnya kemampuan guru dalam melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik.


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany Trianto Ibnu Badar.(2007).Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

______________, (2015) Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group

Atika Sari, (2015)Pemahaman Guru dalam Pembelajaran Tematik Anak Usia dini”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 1, No 6 (2015),Lampung

Eviana dkk. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Anak Usia 5-6”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol 4No 5 2015.Pontianak.

Fogarty , Robin.( 1991). How to Integrated the Curricula. Palatine, Ilinois; IRI/Skylight Publishing,Inc,

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Cv Wacana Prima

Kemendikdikbud. Sistem Pendidikan nasional.(Jakarta: Kemendikbud.2003)

Kostelnik, Majorie J. and Howe, Donna. (1991). Teaching Young Children Using Themes. USA: Good Year Books.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

Permendikbud.2014. Tetang Kurikulum 2013 PAUD, No. 146 Tahun 2014

Rusman.(2011). Model-Model Pembelajaran Terpadu(konsep , Strategi dan Implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Sujiono, Yuliani Nurani.(2009)Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Udin Saud dkk. (2013). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik. Jakarta: wordpres.coma

Uno Hamzah B.(2006).Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya