IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA KHAIRIN MEDAN TEMBUNG

Nurlaili Nurlaili

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran anak usia dini di RA Khairin. 2) Jenis instrumen penilaian pembelajaran yang digunakan di RA Khairin. 3) Teknik pelaporan penilaian pembelajaran anak usia dini yang dilakukan di RA Khairin. 4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi penilaian pembelajaran anak usia dini di RA Khairin. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang di lakukan di RA Khairin Jalan Tuamang nomor 85 Kelurahan Siderejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran di RA Khairin dilakukan dengan tiga tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester. 2) Jenis instrumen penilaian yang digunakan guru di RA Khairin yaitu observasi, catatan anekdot, percakapan, unjuk kerja, penilaian hasil karya, portofolio dan tes informal. 3) Pelaporan penilaian harian dengan menggunakan bantuan grup media sosial. Pelaporan penilaian bulanan dilakukan sekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak sebulan sekali. Pelaporan penilaian semester dilakukan sekolah dengan menggunakan rapor dan hasil tes informal yang disampaikan melalui pertemuan dengan orangtua. 4) Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam penilaian pembelajaran anak usia dini di RA Khairin adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman guru tentang penerapan beberapa dari jenis instrumen yang ada.


Full Text:

PDF

References


Anwar & Ahmad, Arsyad. Pendidikan Anak Usia Dini (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu). Bandung: Alfabeta, 2009.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010, Cet.2.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2013, Ed.2, Cet.2.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Kencana, 2013.

Sit, Masganti. Perkembangan Moral anak Usia Dini: Sudut Pandang Teori Kognitif. Tarbiyah Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. XV. No.1 hlm (13-24). 2008.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011, Ed.1, Cet.11.

Sukardi. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Tayibnafis, Farida Yusuf. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Pogram Pendidikan dan Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Uno, Hamzah B & Koni, Satria. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Wahyudin, Uyu & Agustin, Mubiar. Penilaian Perkembangan Anak Usia

Dini: Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator, dan Pengelola Pendidikan

Anak Usia Dini, Bandung: Refika Aditama, 2012.

Widoyoko, Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Yusuf, A. Muri. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2017, Cet. 2.

Yamin, Martinis. & Sanan, Jamilah Sabri, Panduan PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Referensi (Gaung Persada Pers), 2013.

Yus, Anita. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012, Cet.2.

Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD anak Usia 5-6 Tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kurikulum Raudhatul Athfal, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3849 tahun 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya