PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PEDULI KASIH DESA LAUT DENDANG

Tati Solliha, Masganti Sit, Sapri Sapri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran saintifik terhadap kecerdasan naturalistik di RA Peduli Kasih Laut Dendang, 2) pengaruh metode penugasan terhadap kecerdasan naturalistik di RA Peduli Kasih Laut Dendang, 3) perbedaan pengaruh model pembelajaran saintifik dengan metode penugasan terhadap kecerdasan naturalistik di RA Peduli Kasih Laut Dendang.Kec. Percut Sei Tuan tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 28 anak dan sampelnya adalah seluruh populasi dijadikan sampel yaitu 28 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh/total sampel . Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data, menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signitifikan antara model pembelajaran saintifik terhadap kecerdasan naturalistik anak. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kecerdasan naturalistik anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 14,7142 menjadi 19,1428. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 6,0815 > 2,056.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, Joni. 2016. Pembelajaran Terpadu untuk Taman Kanak-Kanak/ Raudatul Athafal dan Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana

Gardner, Howard. 2013, Multiple Intelligences, Jakarta: Daras Books

Nasriah, dkk. 2013. Konsep Dasar PAUD. Medan: Unimed Press

Musfiqon dkk .2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo: Nizamia

Learning Center

Musthafa, Ahmad . 1986. Tafsir Al- Maraghi, Semarang: Toha Putra

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Pesada

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Afabeta

_______. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yaumi, Muhammad dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak, (Multiple Intelligences, Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v7i1.468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.