UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-KAMAL HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN ANAK DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT BAITUSSALAM

Winda Winastri Siregar, Khadijah Khadijah, Nunzairina Nunzairina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berkomunikasi lisan anak dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TKIT Baitussalam Desa Naga Jaya 1 Kec. Bandar Huluan Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang termasuk ke dalam jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 53 anak dan sampelnya berjumlah 53 anak juga, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penentuan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai sampel. Data diperoleh menggunakan instrumen observasi. Analisis data menggunakan uji linearitas dan uji hipotesis (menggunakan korelasi product moment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung (8,253)  ttabel (1,675). Hal ini bermakna bahwa terdapat hubungan secara signifikan antara kemampuan berkomunikasi lisan anak dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TKIT Baitussalam Desa Naga Jaya 1 Kec. Bandar Huluan Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Alquran, Syaamil. 2007. Alquran dan Terjemahan Special for Woman, Bogor: Sygma.

Arifin, Bambang Samsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Safrudin. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak. Yogyakarta: Katahati.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persda.

Jaya, Indra. 2018. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Morrison,Goorge S. 2012. Dasar-Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syakir, Syaikh Ahmad. 2014. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4. Jakarta: Darus Sunnah Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya