UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-KAMAL

Reka Zahara, khadijah khadijah, Ramadhan Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak setelah menerapkan metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Kamal Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan, peneliti menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat keberhasilannya. Pada Pra siklus terdapat 8 anak (53,3%) belum berkembang dan 7 anak (46,7%) mulai berkembang dan pada siklus I dilakukan 2 kali pertemuan, sudah mulai terjadi peningkatan yang membaik. Pada pertemuan 1 semua anak 15 orang (100%) tergolong mulai berkembang. Pada pertemuan 2 dari 15 orang anak yang memiliki perkembangan 7 orang anak (46,7%) mulai berkembang dan 8 orang anak (53,3%) tergolong berkembang sesuai harapan sehingga perlu kiranya melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dilakukan 2 kali pertemuan yang dilaksanakan peneliti dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan kognitif anak dengan maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang signifikan, pada pertemuan 1 ada 1 orang anak (7,1%) tergolong mulai berkembang, 12 orang anak (80%) tergolong berkembang sesuai harapan, 2 orang anak (13,3%) tergolong berkembang sangat baik. Pada pertemuan ke 2 meningkat 10 orang anak (66,7%) tergolong berkembang sangat baik dan 5 orang anak (33,3%) tergolong berkembang sesuai harapan.


Full Text:

PDF

References


Buzan Tony, 2008 How To Mind Map (Mind Mapp Untuk Meningkatkan Kreativitas), Penerjemah: Eric Suryaputra, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Diana Nirva dan Dr. Mesiono (2016), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Dwi Arimbi Yurike, dkk. 2018, Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping., Vol. 3 (1), 64-71).

Kementrian Agama RI 2007 Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya, Surabaya: Halim Publishing.

Khadijah, 2016 Pendidikan Prasekolah, Medan: PERDANA PUBLISHING.

_______, 2016 Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.

_______, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Masganti Sit, dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Medan: Perdana Publishing

_______. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

_______. 2015 Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I, Medan: Perdana Publishing

Riyanto Bekti,2013 “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Ketuntasan Belajar Ipa Pada Siswa Full Day School Surakarta”. (Tesis Program Study Magister Sains Psikologi Panca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Wal ‘iyadzubillah. (Sarah Lengkap Arba’in Tarbawiyah, Fakhruddin Nursyam).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v7i1.466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.