PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU BAITUSSALAM TAHUN AJARAN 2018/2019

Utami Utami Handayani, Humaidah Hasibuan, Sapri Sapri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B di TKIT Baitussalam T.A 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 53 anak kelompok B di TKIT Baitussalam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap kecerdasan interpersonal anak. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kecerdasan interpersonal anak dengan rata-rata pre-test 3,88 dan rata-rata post-test 5,19 dengan nilai tertinggi post-test 8 dan nilai terendah post-test 3 sehingga kecerdasan interpersonal anak di kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol dengan rata-rata 4,759 dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 2. Berdasarkan hasil temuan tersebut bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak dengan uji-t

Full Text:

PDF

References


Az-Zuhaili, W. (2011). Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema Insani.

Ibrahim, M. Y. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

May Lwin, dkk. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.

Monawati. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Prestasi Belajar, Jurnal Pesona Dasar (online), Vol. 3, No. 3. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id, diakses 26 November 2018.

Nida'ul Munafiah, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegences. Jawa Tengah: Mangku Bumi.

Riyana, R. S. (2017). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menuĀ ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya