ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT IBNU QOYYIM TA. 2017/2018

maisarah maisarah

Abstract


Kedisiplinan sangat penting dalam kehidupan manusia, bahkan dalam menjalankan ajaran ibadah agama Islam sangat dituntut untuk disiplin, seperti disiplin dan tertib dalam melaksanakan Sholat, puasa, berzakat, haji maupun perintah ibadah lainnya. Namun, anak usia 4-5 tahun di TKIT Ibnu Qoyyim pada semester ganjil TA 2017/2018 masih tergolong kurang disiplin, karena masih ditemukan anak yang datang terlambat, berpakaian yang tidak sesuai aturan sekolah, tidak berdoa, bahkan menggunakan fasilitas sekolah tidak sesuai fungsi dan tidak merapikannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TKIT Ibnu Qoyyim. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 18 orang, dan objek yang diteliti adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kedisiplinan anak. Pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara. Dari analisis hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi kurangnya kedisiplinan, yaitu: intern (pembawaan dan motivasi), dan ekstern (keteladanan atau contoh panutan, nasehat, dan metode pembelajaran). Temuan hasil penelitian juga membuktikan bahwa tiga faktor tertinggi yang mempengaruhi anak kurang disiplin yaitu: 83,33% metode pembelajaran, 72,22% keteladanan, dan 66,67% motivasi. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar guru menggunakan metode pembelajaran yang dapat memotivasi anak untuk berperilaku disiplin, dan guru juga harus fokus dan memperhatikan motivasi belajar serta memberikan contoh kedisiplinan yang baik

 

Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Faktor Ketidaksiplinan, Perkembangan Anak Usia Dini


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

Creative Commons License



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.