PENGARUH PERMAINAN OUTBOUND TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK B DI BANDAR KLIPPA

Siti Thalia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurangnya kecerdasan kinestetik  anak dalam hal melenturkan gerakan tubuhnya. Contohnya ketika disuruh untuk berjalan zig-zag, berjalan menggunakan satu kaki dan mengikuti beberapa macam gerakan senam anak masih kaku dan beberapa anak hanya diam saja.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (intact-group comparision). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sample kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sample tiap kelas sebanyak 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik diferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil observasi kecerdasan kinestetik anak yang diberi perlakuan menggunakan permainan outbound terdapat pengaruh yang signifikan positif dari hasil perhitungan hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% thitung (3,628) > ttabel (1,701) pada taraf α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan outbound berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di Raudhatul Athfal As-Salam.

Kata kunci:  Permainan Outbound, Papan Titian, Kecerdasan Kinestetik..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya