PENGARUH KEGIATANFINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL ISLAMIYAH KELURAHAN PADANG MERBAU

Siti Mardiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kreativitas anak di Raudhatul Athfal Islamiyah menggunakan kegiatan Finger Painting, (2) Kreativitas anak menggunakan kegiatan mewarnai di RA Islamiyah (3) Pengaruh yang signifikan kegiatan Finger Painting terhadap Kreativitas Anak di RA Islamiyah.

Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 6,26 sehingga kreativitas anak di kelas eksperimen masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 2,46, sehingga kreativitas anak belum maksimal berkembang. Berdasarkan hasil hipotesis yang menyatakan bahwa thitung>ttabelyaitu thitung  sebesar 4,61 dan ttabelsebesar 2,131 pada taraf α = 0,05 dan tingkat kepercayaan 95 %. Sehingga dapat disimpulakan bahwa kegiatan finger painting berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas anak di Raudhatul Athfal Islamiyah Tahun Pelajaran 2017-2018.

 

Kata kunci:     Kreativitas, Kegiatan Finger Painting

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.