UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B RA AN-NIDA
Abstract
Dalam Proses pendidikan anak usia dini seluruh kecerdasan anak akan
terstimulus, baik yang bersifat akademik ataupun bukan. Anak-anak tidak
hanya selalu diberi pembelajaran dalam hal membaca atau menulis saja,
tetapi kecerdasan intrapersonal juga harus dikembangkan. Perkembangan
Interpersonal yang dimaksud ialah anak mampu mengembangkan
kepercayaan dirinya dengan meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.
Permasalahan yang terjadi adalah (1) Penerapan pembelajaran yang
dilakukan di sekolah masih cenderung (teacher- centered) bukan
pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas anak ( student-centered). (2) Kurang aktif nya siswa dalam mengeksplorasi kemampuan dalam
menyampaikan materi pembelajaran. (3) Anak belum mampu untuk
mandiri dalam kegiatan belajar. (4) Kurangnya penerapan metode
pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak melalui metode bercerita
dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini. Penelitian ini
dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan Siklus I dan siklus II
dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang siswa.
terstimulus, baik yang bersifat akademik ataupun bukan. Anak-anak tidak
hanya selalu diberi pembelajaran dalam hal membaca atau menulis saja,
tetapi kecerdasan intrapersonal juga harus dikembangkan. Perkembangan
Interpersonal yang dimaksud ialah anak mampu mengembangkan
kepercayaan dirinya dengan meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.
Permasalahan yang terjadi adalah (1) Penerapan pembelajaran yang
dilakukan di sekolah masih cenderung (teacher- centered) bukan
pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas anak ( student-centered). (2) Kurang aktif nya siswa dalam mengeksplorasi kemampuan dalam
menyampaikan materi pembelajaran. (3) Anak belum mampu untuk
mandiri dalam kegiatan belajar. (4) Kurangnya penerapan metode
pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak melalui metode bercerita
dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini. Penelitian ini
dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan Siklus I dan siklus II
dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.177
Refbacks
- There are currently no refbacks.